Membantu Pengarsipan di Kantor Wali Nagari Sungai Antuan

Oleh: Fajar Muzammil
(Mahasiswa KKN Unand)

IIMPIANNEWS.COM

Arsip adalah catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi dengan berbagai macam bentuk yang dibuat oleh lembaga, organisasi maupun dalam rangka pelaksanaan kegiatan. Arsip dapat berupa surat, warkat, akta, piagam, buku, dan sebagainya, yang dapat dijadikan bukti sahih untuk suatu tindakan dan keputusan. Dengan adanya perkembangan teknologi, arsip dapat berbentuk audio, video dan digital.

Mengingat jumlah arsip di kantor Walinagari Sungai Antuan Kecamatan Mungka Kabupaten 50 kota, yang semakin banyak dibuat dan diterima oleh lembaga, organisasi, baik perorangan maupun diperlukan manajemen pengelolaan arsip yang lebih dikenal dengan sistem kearsipan melalui beberapa pekerjaan atau kegiatan untuk mengelola arsip yang ada. 

Dan disini saya membantu dalam Pengarsipan manual, yang merupakan suatu dokumen-dokumen yang sebelumnya telah dikelola oleh pihak/staff walinagari Sungai Antuan dengan secara manual untuk dapat digunakan dengan teliti dan baik agar segala sesuatu yang akan dioleh menjadi baik. Dokumen yang dikelola juga masih berupa kertas, CD, maupun media fisik lainnya untuk dapat menyetelkan suatu dokumen yang akan digunakan berdasarkan apa yang diinginkan oleh pengguna. Suatu arsip atau dokumen akan dilakukan dengan secara manual agar mempunyai siklus hidup yang terdiri atas lima tahap untuk dapat dipahami dan digunakan.

Posting Komentar

0 Komentar