Mahasiswa KKN Unand adakan “Sosialisasi Perilaku Siswa Kecanduan Game Online dalam Upaya Mengatasi Pola hidup yang tidak Sehat di Nagari Kambang Barat


Oleh: Renhard Rachman
(Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unand)

 IMPIANNEWS.COM

Artikel - Mahasiswa KKN Unand adakan “Sosialisasi Perilaku Siswa Kecanduan Game Online dalam Upaya Mengatasi Pola hidup yang tidak Sehat di Nagari KambangBarat”. KKN tahun ini dilaksanakan pada tanggal 25 juli sampai 27 agustus 2022 yang mengusung tema “Bakti Untuk Nagari”. RENHARD RACHMAN, mahasiswa jurusan Sosiologi Universitas Andalas merancang Program Kerja di Nagari Kambang Barat. Program kerja yang selaras dengan Tema KKN. Adapun Program kerja yang dilaksanakan adalah Melakukan Sosialisasi tentang Bahayanya Dampak dari Kecanduan Game Online pada Masyarakat, Terkhusus Pelajar di Nagari Kambang Barat.

Upaya Sosialisasi ini dilakukan di sekolah yang ada di Kambang Barat. Tujuan diadakannya Program ini adalah memberikan Pemahaman terkhusus kepada pelajar tentang bahayanya Kecanduan Game online serta mendorong pelajar untuk menghabiskan waktu untuk lebih mementingkan masa depan mereka.

Program kerja ini dilatarbelakangi oleh masih banyak anak anak remaja yang asyik dengan Gadget mereka masing-masing kita lihat saja salah satu permainan Game Online yang paling marak di kalangan Masyarakat terutama Pelajar di Kambang Barat yaitu Permainan HigghDomino.

Program Kerja ini dilakukan dengan cara pemberian materi dengan teknik ceramah, kemudian disertai dengan Pembagian Poster yang berisi Poin penting akan bahayanya dampak Dari kecanduan Game online bagi Anak - Anak sampai remaja

Dikutip dari web resmi WHO, kecanduan game didefinisikan sebagai pola perilaku bermain, baik permainan online maupun offline (game digital atau video game) dengan beberapa tanda,Tidak dapat mengendalikan keinginan bermain game,lebih memprioritaskan bermain game dibandingkan minat terhadap kegiatan atau aktivitas lainnya, Seseorang terus bermain game meski ada konsekuensi negatif yang jelas terlihat.

Sosialisasi ini diadakan di salah satu SMA N 1 LENGAYANG ,dapat dilihat bahwa siswa siswi mempunyai Handphone dan kebanyakan siswa siswi disana menggunakan game online salah satunya High Domino bermain game ini sangat menyenangkan dan apabila sering bermain itu akan menghasilkan duit tapi iya banyak uang yang dikeluarkan sebelumnya untuk mendapatkan uang dari game online tersebut,ungkap Bagas salah satu siswa di SMAN 1 Lengayang.

Sosialisasi di SMAN 1. Lengayang

Adapun perlu diketahui bahwa WHO telah menetapkan kecanduan game online atau game disorder ke dalam versi terbaru International Statistical Classification of Diseases (ICD) sebagai penyakit gangguan mental (mental disorder). Dalam versi terbaru ICD-11, WHO menyebut bahwa kecanduan game merupakan disorders due to addictive behavior atau gangguan yang disebabkan oleh kebiasaan atau kecanduan.

Kecanduan game online tidak hanya dirasakan oleh remaja tapi juga oleh anak anak dibawah umur,salah satu anak anak di nagari kambang barat mengatakan ketika bermain hp itu tidak akan ingat waktu dan lupa waktu belajar karena keasyikan bermain hp. Dengan ini Renhard juga memberikan edukasi tentang apa saja dampak yang akan diakibatkan ketika keserungn bermain hp serta bagaimana cara mengatasi kecanduan bermain hp ini dengan melakukan hal yang lebih bermanfaat.

 Bermain game itu boleh saja tapi siswa siswi khususnya remaja harus bisa mengatur waktu nya jangan bermain lebih banyak dari pada belajar, karena itu berdampak sendiri pada masa depan siswa siswi kedepannya,dari pada menyesal nantinya maka dari sekarang ubah pola hidup yang teratur dan batasi bermain hp serta perbanyak bermain di luar untuk mengurangi aktivitas bermain game online.

Banyak kerugian yang akan didapatkan ketika bermain game online,selain bisa membuat kecanduan bermain HP dan game online bisa membuat kesehatan tubuh terganggu contohnya mata terganggu dan akan berdampak pada kefokusan di sekolah. Salah orang tua berpendapat bahwa anaknya seringkali meminta uang untuk membeli chip salah satu alat yang digunakan untuk bermain high domino ,dan itu sangat merugikan orang tua juga anaknya . Masyarakat sangat berantusias mendengarkan akan adanya sosialisasi yang diadakan disekolah nagari lambang barat mereka berharap dengan adanya sosialisasi ini anak anak mereka setidaknya bisa mengurangi kecanduan game online.

Berkat adanya sosialisasi ini para guru di SMAN 1 Lengayang berharap siswa siswi nya bisa mengurangi bermain game online kedepannya hal ini demi dirinya juga untuk masa depan yang cerah , selagi saya sebagai perwakilan  guru di sekolah ini mengucapkan terimakasih kepada Mahasiswa KKN Unand,tukas Ibuk guru.

Posting Komentar

0 Komentar