Sebanyak 160 peserta beasiswa Perguruan Tinggi Maroko mengikuti seleksi melalui panitia pelaksana Pusat Bahasa UIN Imam Bonjol Padang.

IMPIANNEWS.COM

Padang -- Sebanyak 160 peserta beasiswa Perguruan Tinggi Maroko mengikuti seleksi melalui panitia pelaksana Pusat Bahasa UIN Imam Bonjol Padang. Seleksi tersebut dilaksanakan melalui 2 tahap. Tahap pertama, seleksi kemampuan Bahasa Arab CBT online yang dilaksanakan pada Sabtu (25/6/2022). Tahap kedua, seleksi wawancara bagi mereka yang lolos CBT online yang akan dilaksanakan pada 28 Juni 2022 mendatang.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan tes CBT, UPT Pusat Pengembangan Bahasa UIN IB menugaskan 6 orang tenaga teknis untuk mengawas selama ujian berlangsung. Selain sebagai pengawas, sebelum pelaksanaan ujian tenaga teknis ini juga memandu peserta dalam menggunakan aplikasi CBT.

Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Imam Bonjol Padang, Dr. Asrina, M.Ag mengatakan, seleksi ini sebagai ujian tahap awal. Peserta mengikuti ujian kompentensi Bahasa Arab (Mufrodat, Tarakib dan Qiroah). Jika peserta lulus, secara otomatis mereka akan lolos untuk mengikuti seleksi tahap ke dua berupa wawancara.

“Program ini bertujuan untuk menyaring para lulusan SMA, Madrasah Aliyah, Pendidikan Diniyah Formal Ulya/Satuan Pendidikan dan sederajat (Paket C) yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan studi di Maroko, yang mana pada tahun ini, Kementerian Agama mendapat kuota beasiswa sebanyak 30 orang se Indonesia.”jelasnya.

Program ini merupakan salah satu bentuk kerjasama kedubes Maroko dengan Kementerian Agama. Untuk pelaksanaan seleksi ini di amanahkan oleh Kementerian Agama RI kepada 17 UIN yang ada di Indonesia. Bagi peserta yang lolos megikuti kedua tahap seleksi akan mendapatkan beasiswa penuh untuk kuliah di perguruan tinggi Maroko, tambahnya.

“Harapan kami, peserta dari warga Sumatera Barat (khususnya) dapat mengikuti program ini. Sehingga mempunyai sumbangsih yang strategis untuk kebangkitan dan peningkatan ulama di Sumatera Barat,” tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar