H. Irwan Didaulat jadi Khatib Shalat Ied di Pemkab Lima Puluh Kota

H. Irwan 

IMPIANNEWS.COM 

Lima Puluh Kota, - H.  Irwan, mantan Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar yang kini menjabat Kepala Kankemenag Kabupaten Lima Puluh Kota didaulat Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dan Pemkab Lima Puluh Kota sebagai khatib shalat hari raya Idul Fitri 1 Sawal 1443H / 2022M.


Pemkab Lima Puluh Kota sengaja memfasilitasi warganya untuk merayakan hari kemenangan setelah satu bulan melaksanakan rukun islam ketiga, yakni puasa di bulan Ramadhan. Shalat Ied dipusatkan di halaman kantor Bupati di Bukit Limau kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau kabupaten Lima Puluh Kota, Senin (02/05/2022) pagi. 


Disamping dihadiri ribuan jemaah dan perantau, tampak dihadiri Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama keluarga, Sekretaris Daerah Widya Putra, Ketua MUI, Ketua IPHI, Kepala Perangkat Dearah, unsur organisasi keagamaan, tokoh masyarakat.


Didukung cerahnya cuaca, semenjak pagi  tua muda berbondong-bondong dari berbagai penjuru Limapuluh Kota mendatangi lokasi  pelaksanaan Shalat Id. 


Terpatri kebahagiaan dan kelegaan pada wajah mereka, betapa tidak dua tahun lamanya, baik warga atau pun perantau tak dapat mendirikan Shalat Id menyusul pandemi Covid-19 yang berujung pembatasan kegiatan bersifat massal. 


Aura keceriaan ini juga cermin rasa syukur, karena jemaah telah melewati rangkaian ibadah Ramadhan sebulan penuh, yang berbuah kesucian diri dan meningkatnya ketaqwaan kepada Sang Pencipta


Dalam khutbahnya, Irwan yang merupakan Rang Sumando Lima Puluh Kota ini  mengajak jemaah shalat Ied meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui tindakan menjaga nilai-nilai positif yang telah didapat di tarbiyah Ramadhan. 


"Marilah kita untuk senantiasa menjaga keimanan walaupun telah melewati bulan ramadhan. Dengan berlalunya Bulan Suci Ramadhan hendaknya tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam beribadah, tetapi harus lebih giat, lebih bersabar, lebih bertakwa, serta lebih bertawakal dalam menjalani kehidupan dalam kondisi apapun,"ajak Irwan. 


Dikhutbahkan Irwan, semestinya umat semakin giat untuk bermuhasabah secara lebih mendalam, agar Ramadhan tahun ini menjadi momentum terbaik untuk memperbaiki serta meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama dan meningkatkan amal saleh. 


"Nilai-nilai positif yang telah didapat selama Ramadhan harus di implementasikan di kehidupan setelah Ramadhan",ajak Khatib Irwan.


Sebelumnya, Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin mengajak jemaah untuk tetap mengembangkan semangat ukhuwah, kebersamaan serta silaturrahmi di tengah masyarakat. Hal ini penting, mengingat saat ini, kondisi perekonomian masyarakat belum sepenuhnya pulih, akibat pandemi Covid-19. Dalam upaya meningkatkan kesehatan harus menjaga iman dan imun, agar tetap fit dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, namun dalam kondisi sekarang iman juga harus ditingkatkan karena imun bisa kuat bila ditopang dengan iman yang kuat. 


"Mari kita manfaatkan momentum Idul Fitri kali ini untuk menjalin silaturahmi dengan para perantau demi pembangunan nagari dan Ukhuwah Islamiyah. Selamat datang kepada para perantau yang hadir pada momen berbahagia kali ini. Mari bersama Kita mewujudkan Limapuluh Kota yang Madani, Beradat, dan Berbudaya,"ajak Safaruddin. 


"Semangat para perantau dalam membangun kampuang, sangat kami harapkan melalui saran dan kritikan terhadap Pemerintah Daerah", pungkas Bupati Safaruddin.


Pelaksanaan Shalat Id di halaman Kantor Bupati Sarilamak ini difasilitasi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Kantor Kementerian Agama Limapuluh Kota dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Limapuluh Kota, berjalan lancar.(014)

Posting Komentar

0 Komentar