SMTI Padang Usung “Sewangi Berdaya Emas” Menuju TOP 45 SINOVIK 2022

IMPIANNEWS.COM

PADANG – SMK SMTI Padang mengusung “Serai Wangi Berdaya Emas” ke ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) 2022. Inovasi itu diharapkan mengantarkan sekolah Kementerian Perindustrian tersebut menuju Top 99 terbaik versi Kemen-PAN-RB.

Kepala SMK SMTI Padang, Sylvi, ST., M.S.i mengatakan, pihaknya mengangkat inovasi olahan serai wangi dan berbagai turunannya pada ajang kompetisi Sinovik tahun ini. Pasalnya, serai wangi sudah lama menjadi bahan praktek dan penelitian di laboratorium kolaborasi guru dan siswa SMTI Padang sehingga menghasilkan beberapa turunannya.

Menurutnya, serai wangi memiliki manfaat yang banyak dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga perlu dimasyarakatkan.

“Selama ini SMTI Padang sudah menjadikan serai wangi sebagai bahan penelitian dan praktek siswa. Ternyata manfaat serai wangi sangat banyak dan turunannya bisa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Sylvi di ruang kerjanya, Rabu (13/4/2022).

Untuk pengembangan produk dari serai wangi ini, pihaknya melakukan kerjasama dengan kelompok masyarakat, seperti koeerasi dan kelompok tani. Bahkan sudah dilakukan MoU kerjasama dengan Kelompok Tani Sukma Nusantara di Kabupaten Limapuluh Kota. Mendapat support juga dari Bupati setempat.

“Ada juga kerjasama dengan Kelompok Tani di Lintau Buo dan Laing Sepakat di Solok,” kata Sylvi.

Selanjutnya Sylvi menjelaskan, produk “Serai Wangi Berdaya Emas” SMTI Padang masih dalam proses pengajuan hak paten. Sedangkan, untuk pengembangannya memang harus ada keterlibatan pemerintah daerah untuk mendorong masyarakat. Nantinya pihak SMTI Padang sendiri bersedia memberikan pembinaan dan pelatihan terkait pemanfaatan tanaman serai wangi.

“Saat ini produk – produk serai wangi masih dalam proses paten. Diharapkan untuk pengembangan pemerintah daerah juga mendorong masyarakat untuk diberikan pelatihan dan pembinaan,” ujarnya.

Dr. Netri Elisma, S.Pd., M.Si selaku Ketua Inovasi dan Sentra HKI SMK SMTI Padang mengatakan, dalam ajang Sinovik terlebih dahulu dari semua instansi di bawah Kemeperin dipilih inovasi terbaiknya. Kemudian Kemenperin akan mengajukan inovasi terbaik untuk mengikuti penilaian di Kemen-PAN-RB.

“Alhamdulillah, dari 18 proposal yang masuk di Kemenperin SMTI Padang termasuk yang dipilih untuk masuk ke KemenPAN-RB,”ujar Netri.

Dalam prosesnya, inovasi dari SMTI Padang berupa serai wangi berdaya Emas mendapat atensi yang baik. Sehingga SMTI mendapat bimbingan dan penguatan langsung dari Biro Humas Kemenperin.

“Kami mendapat bimbingan dan penguatan dari Biro Humas Kemenperin. Hasilnya, inovasi kami dinilai sangat menarik dan diajukan untuk penilaian Top 99,” ulasnya.

Posting Komentar

0 Komentar