Siswa MAN 2 Bukittinggi Jadi Duta Genre Kabupaten Agam tahun 2022

.

IMPIANNEWS.COM 

Bukittinggi, -- M. Reyhan Pradipta terpilih sebagai Duta GenRe Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat tahun 2022. Siswa MAN 2 Bukittinggi ini terpilih  pada Grand final, Minggu (6/03) bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Agam. 


Grand Final Duta GenRe tingkat Kabupaten ini diikuti 10 pasang finalis, dari hasil seleksi tim juri menyatakan M. Reyhan Pradipta terpilih jadi peserta terbaik dan akan melaju ke tingkat Propinsi Sumatra Barat. 


"Pemilihan Duta Genre ini dilaksanakan setiap tahun dan siswa/i MAN 2 Bukittinggi tidak pernah absen dalam ajang ini. Setiap tahunnya selalu mendapat kategori namun yang berbeda tahun ini berhasil menjadi peserta terbaik dan akan melaju ke tingkat Propinsi," jelas yuli salah satu guru MAN 2 Bukuttinggi. 


Duta Genre adalah Duta Generasi Berencana dibawah naungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). BKKBN sebagai salah satu lembaga pemerintah non kementerian yang memiliki tugas tentang kependudukan dan menyiapkan keluarga berkualitas mengadakan pemilihan Duta Genre ini untuk remaja. 


Pelibatan remaja dalam kependudukan sangat tepat karena melihat banyaknya permasalahan pada kalangan remaja. Program Generasi Berencana (Genre)  yang melibatkan remaja dapat dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan. Remaja yang berencana diharapkan  mampu melangsungkan jenjang pendidikan , berkarir , menikah dalam usia yang matang serta memiliki perencanaan masa depan lainnya. Kata yuli lagi. 


Cici Amelia selaku pembina PIK.R Miftahul Jannah MAN 2 Bukittinggi menyampaikan apresiasinya atas prestasi siswanya dalam pemilihan Duta GenRe Kabupaten Agam “Alhamdulillah tahun ini kita mendapat prestasi lagi dalam ajang Pemilihan Duta Genre. Selamat kepada ananda Reyhan, semoga Reyhan dapat menjadi contoh bagi remaja lainnya. Duta Genre diharapkan menjadi agen inspiratif bagi remaja lainnya. Duta Genre yang terpilih akan mensosialisasikan program- program BKKBN dalam bidang demografi serta kesehatan reproduksi. Selain itu Duta Genre juga dihimbau untuk mengajak remaja lainnya agar menjauhi narkoba yang akan merusak masa depan serta pergaulan bebas’’. Ungkap guru BK lulusan UIN Imam Bonjol Padang ini. 


Ditemui disela kesibukannya, Selasa (08/03) Plt. MAN 2 Bukittinggi, Fadhlina Syarif menyampaikan rasa syukurnya “Bersyukur kepada Allah SWT kita mendapat prestasi luar biasa, sebagai perwakilan ekskul PIK.R ananda kita M. Reyhan Pradipta telah mengharumkan nama MAN 2 Bukittinggi. Selamat dan jangan cepat puas diri  ananda kami, semoga bisa menang ditingkat propinsi dan dapat melaju ke nasional’’. Ungkap Kepala Madrasah ini. 


Selanjutnya Fadhlina Syarif berpesan, ‘’Sebagai Duta Genre ananda Reyhan harus mampu berperan dalam menekan berbagai permasalahan remaja saat sekarang ini. Apalagi di era milenial ini remaja yang berinteraksi lewat internet sering menjadi pelaku bahkan korban kekerasan. Bahkan remaja ada yang terlibat seks bebas, pernikahan dini, narkoba dan penyakit masyarakat lainnya.  Duta Genre diharapkan menjadi role model serta ikut aktif di masyarakat untuk mengatasi permasalahan tersebut’’.Harap kepala Madrasah tamatan S2 ITB ini.(014)

Posting Komentar

0 Komentar