Siswa Kelas XII MAN 2 Bukittinggi Sajikan Masakan Nusantara

.

IMPIANNEWS.COM 

Bukittinggi, - Kewirausahaan sebagai salah satu mata pelajaran praktek yang mengandalkan kreatifitas dan inovasi siswa. Sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 lulusan madrasah harus memiliki skill (keterampilan) yang dapat dikembangkan di masyarakat. Di era perkembangan teknologi informasi seeprti saat sekarang ini lulusan harus memuliki soft skill dan hard skill. Persaingan yang sangat tinggi sehingga mutu lulusan harus ditingkatkan. Salah satunya adalah pembekalan mental wirausaha dan inovasi produk yang dihasilkan.


MAN 2 Bukittinggi sebagai madrasah keterampilan yang mendapat bantuan gedung keterampilan SBSN  mendukung semua kreatifitas siswa. Sebagai penutup tugas akhir mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XII MAN 2 Bukittinggi hari Sabtu (12/3)  mengadakan praktik memasak makanan nusantara. Masakan yang dibuat terdiri dari hidangan pembuka, makanan utama, dan hidangan penutup.  Tampak pada setiap meja siswa menghias semua makanan sehingga makanan terlihat sangat menarik. Berbagai menu nusantara tampak seperti ayam geprek, dendeng batokok, pangek ikan, ayam bakar dan lainnya.


Diwawancarai disela acara berlangsung Diandra Khaira siswa kelas XII.IPA 1 menjelaskan tentang menu kelompoknya” kami menyajikan Ayam Geprek dengan sambal terasi, makanan penutup kolak biji salak, minumnya jeruk natadecoco dengan cemilan tahu brontak. Kami merasakan manfaatnya selain mempererat kerjasama antar teman, apalagi sebentar lagi kita mau tamat, ada pengetahuan baru juga kita bisa mencoba berbagai resep dan melakukan inovasi. Selain itu kami semakin dekat  karena kami mengundang guru sebagai tamu dan jurinya. Harapannya untuk sekolah agar kegiatan ini ada untuk tahun berikutnya. Bagi kami bisa juga berwirausaha setelah ini’. Tutup siswa peraih peringkat 2 provinsi  KSM Biologi tahun 2021. 


Herdiman Syafnil selaku guru pengampu mapel Kewirausahaan mengungkapkan” sengaja melakukan praktik memasak kuliner nusantara ini agar siswa memiliki keterampilan. Selain itu siswa juga dapat berinovasi melalui resep- resep yang sudah dipelajari. Mereka kami bebaskan memilih menu yang penting masakan nusantara. Hari ini kita bisa lihat begitu semangat dan tampak kerjasama antar mereka. Selain membangun karakter tanggungjawab, siswa juga dilatih kreatif. Agenda ini merupakan kegiatan tahunan penutup semester 2 siswa kelas XII’’. Tutup guru Kimia tamatan UNP ini.


Tampak pada acara tersebut kehadiran Plt. Kepala MAN 2 Bukittinggi memantau kegiatan siswa saat menyajikan menu kelompoknya. Pada kesempatan tersebut Fadhlina Syarif menyampaikan apresiasinya “Luar biasa sekali siswa kita hari ini, mereka sangar semangat juga sangat kreatif. MAN 2 Bukittinggi merupakan madrasah keterampilan, banyak siswa kita ternyata berbakat jadi chef. Sajian masakan juga dihias cantik dengan Garnish makanan sehingga seperti sajian di master chef yang biasa kita lihat di tv. Semoga tamatan kita tahun ini selain memiliki kemampuan akademik juga memiliki skill terapan yang bermental wirausaha”. Ungkap Plt. madrasah yang ramah ini.(014)

Posting Komentar

0 Komentar