Revitalisasi KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Lampaui Ekpektasi

.

IMPIANNEWS.COM 

Bukittinggi, -- Berbicara revitalisasi KUA Kecamatan salah satu program prioritas Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas yang telah dicanangkan semenjak Mei 2021 lalu diakui sangat strategis, smart dan tepat. Hal ini disampaikan Syaripuddin kepada awak media, Jum'at (18/02). 


Selanjutnya kata Kepala KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan ini dalam rangka percepatan dan peningkatkan kualitas pelayanan keberagamaan bangsa Indonesia. KUA Kecamatan yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia merupakan stoke holder terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat harus memahami Tupoksinya. 


"Khusus masyarakat muslim kehidupannya selalu bersentuhan dengan layanan di KUA Kecamatan ini. Mulai dari lahir, sunatan, ngaji, ibadah, sekolah, interaksi sosial (muamalah), bekerja, nikah, dan bahkan sampai wafat pun selalu terkait dengan KUA Kecamatan. Hal ini telah berlangsung sejak dahulu sampai sekarang. Namun kita tidak bisa menutup mata bahwa kualitas pelayanan keagamaan selama ini di KUA Kecamatan baru nenyentuh pelayanan pernikahan bagi umat muslim, sementara Tupoksi KUA lainnya belum tergarap dengan optimal. Maka jadilah KUA Kecamatan di kenal sebagai tempat pelayanan perkawinan dan baca doa saja," paparnya. 


Lebih lanjut Syaripuddin menjelaskan bahwa Tupoksi KUA seperti yang termaktub dalam pasal 2 dan 3 PMA 34 tahun 2016 mencakup melaksanakan semua layanan dan bimbingan masyarakat Islam pernikahan, wakaf, zakat, haji, produk halal, hisab rukyat, pengukuran arah kiblat, penerangan/penyuluhan, pembinaan syariah, kemasjidan dan produk halal. 


"Suatu hal yang strategis dan mulia, bahkan KUA bisa menjadi modal yang luar biasa dalam perbaikan kualitas masyarakat dan bangsa ini jika perannya di optimalkan dengan baik.  Program revitalisasi KUA ini merupakan sebuah jawaban dalam upaya untuk mengoptimalisasikan peran KUA kedepan, sekaligus menegaskan peran KUA Kecamatan itu sangat strategis dan dibutuhkan membersamai bangsa indonesia demi membangun jiwa dan raganya," tuturnya lagi. 


Semua layak bersyukur kepada Allah SWT karena Revitalisasi KUA Kecamatan ini telah didukung dengan kualitas dan kuantitas fisik, gedung, personil handal, Sarpras modren, mobiler lengkap beserta instrumen lainnya yang telah menjadikan KUA Kecamatan Revitalisasi menjadi kantor pelayanan yang representatif bagi masyarakat. 


"Masyarakat disuguhi dengan pelayanan berintegritas, profesional, ramah, bersih, nyaman, kredibel, prima, modren bahkan moderat. Serta menyesuaikan juga dengan era digital(data keagamaan, pendaftaran nikah dan medsos) membersamai masyarakat milenial," katanya mengakhiri. 


KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi merupakan salah satu dari 106 KUA Kecamatan revitalisasi Kementerain Agama RI mengalami perubahan yang signifikan, bahkan melampaui ekpektasi. Baik secara fisik maupun kualitas layanan keagamaan masyarakat di Kota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat. Kita disuguhkan halaman, ruangan pelayanan dan fasilitas yang sangat bagus, bersih dan representatif kekinian. 


Hampir semua personil KUA mulai dari Kepala, penghulu, penyuluh Agama Islam dan JFU telah mengikuti Bimbingan Teknis diJakarta sehingga menghasilkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang sangat memuaskan. Berbagai program kerjasama dengan antar instansi dan sekolah dalam pembinaan usia pra nikah, pencegahan kawin anak, pencegahan KDRT dan stunting disambut elok dan positif oleh semua pihak. Dukungan penuh didapat dari berbagai pihak termasuk Pemda Kota Bukittinggi. 


Hal ini membuktikan keberadaan KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan sebagai KUA revitalisasi sangat dibutuhkan dan diakui keberadaannya dalam membersamai kehidupan masyarakat di kota Bukittinggi khusus dalam pelayanan keagamaan, moderasi beragama, Keluarga sakinah dan penyelesaian kasus perselisian rumah tangga. 


Dalam penyelesiaan Kasus rumah tangga dalam 2 bulan terakhir ini KUA Mandiangin Koto Selayan telah menerima dan menangani 18 pasang kasus dan berakhir damaikan lebih 90 %, jauh meningkat dari bulan-bulan sebelumnya. 


Program tersebut akan berlanjut dengan masuknya KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi sebagai KUA kecamatan percontohan dalam pemberdayaan ekonomi umat. KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan sudah sangat siap dikarenakan KUA Kecamatan Mandiangin memiliki program kampung sakinah bekerja sama dengan lurah setempat. 


KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan melalui program tersebut telah memiliki identifikasi data Keluarga sakinah. Selama ini KUA Kecamatan hanya melakukan pembinaan, melalui program KUA percontohan pemberdayaan ekonomi umat akan ikut serta memberikan modal kepada Keluarga atau pun Catin yang barangkali membutuhkan untuk kemajuan usaha mereka. Hal ini juga sejalan dengan telah dibentuk UPZ di KUA Kecamatan  sebagai pelapis dan penopang program pemberdayaan ekonomi umatan.


"Satu ungkapan bagi saya sebagai Kepala KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, melalui program revitalisasi KUA Kecamatan bersama JFT dan JFU. FABIAYYI ALA I RABBIKUMA TUKAZZIBAN, Nikmat Tuhan Mana Lagi Yang Engkau Dustakan," tutup Kepala KUA ini. (Sy/014)

Posting Komentar

0 Komentar