Pasar Belimbing Segera Dibangun, Wali Kota Padang Berterima Kasih Kepada Andre Rosiade


IMPIANNEWS.COM

PADANG - Di bawah kepemimpinan Wali Kota Padang Hendri Septa, Kota Padang berangsur-angsur dipercantik, maju dan lebih berkembang.

Setelah menata Pasar Raya Padang dan pasar satelit lainnya sebagai sentral perdagangan bagi masyarakat, tahun ini Pasar Belimbing yang bakal diperancak olehnya.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Padang tersebut sewaktu meninjau Pasar Belimbing, Kuranji bersama Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sumatera Barat (Sumbar) I Andre Rosiade, Minggu siang (20/2/2022).

"Atas nama Pemerintah Kota dan warga Kota Padang, kita menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pak Andre Rosiade yang terus berupaya memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumbar dalam hal ini khususnya Kota Padang. Alhamdulillah, beliau telah memfasilitasi pembangunan fase III Pasar Belimbing dengan dukungan APBN sebesar Rp 4 Miliar dari Kementerian Perdagangan. Insya Allah selesainya diperkirakan Oktober mendatang. Semoga pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan sesuai harapan,” ungkap Wali Kota milenial tersebut didampingi Kadis Perdagangan Andree Algamar.

Orang nomor satu di Kota Bingkuang itu juga berharap dengan adanya revitalisasi Pasar Belimbing ke depan akan menjadikan pasar pembantu yang representatif.

“Semoga dengan itu geliat perdagangan dan ekonomi warga kita semakin meningkat meski di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah sampai saat ini,” kata pemimpin Kota Padang yang disambut antusias pedagang saat itu. 

Pada saat yang sama Andre Rosiade menyebutkan, Pasar Belimbing adalah satu dari sejumlah pasar yang pembangunannya difasilitasinya di Sumbar. Dimana sebelumnya tahun 2010 telah dibangun dua pasar di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Selanjutnya tahun 2021 juga dibangun Pasar Pematang Panjang di Kabupaten Sijunjung.

“Alhamdulillah, tahun ini juga sudah dipastikan akan dilakukan revitalisasi bagi Pasar Belimbing dengan membangun sebanyak 24 kios dan 66 hamparan untuk menghadirkan pedagang baru di pasar tersebut. Semoga Pasar Belimbing ini menjadi pasar yang lebih representatif dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.

Anggota Komisi VI DPR RI tersebut juga membeberkan kepastian pembangunan Pasar Belimbing tersebut menyusul terbitnya Permendag Nomor 66 Tahun 2021 tentang Penugasan Bupati/Wali Kota Dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan/Revitalisasi Sarana Perdagangan Berupa Pasar Rakyat dan Gudang Non Sistem Resi Gudang yang Didanai Melalui Dana TP Pembantuan APBN TA 2022.

“Pasar Belimbing memang layak dibangun, apalagi pernah terbakar dan pembangunannya sekarang juga tersendat. Kami memastikan pembangunannya dengan langsung bertemu Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di Jakarta beberapa waktu lalu. Proposal yang disiapkan Dinas Perdagangan Kota Padang langsung diakomodir oleh Mendag,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu.

Dalam kesempatan itu juga tampak hadir Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman dan sejumlah Anggota DPRD Kota Padang diantaranya Mastilizal Aye, Musni Zen dan Manufer Putra Firdaus. Juga hadir Lurah dan elemen masyarakat setempat.(Dv/Prokompim Pdg)

Post a Comment

0 Comments