Dibuka Kakanwil. MAN 1 Payakumbuh Sukses Gelar MVC tahun 2022

Kakanwil Kemenag Sumbar H. Helmi tinjau workshop vocasional MAN 1 Payakumbuh 

IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Vocasional Payakumbuh sukses menggelar Madrasah Vocasional Competition (MVC) I tahun 2022 yang diikuti 716 siswa dari 29 SMP / MTS Negeri dan swasta se Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, yang antusias mengikuti ajang tersebut. Kegiatan yang digelar 2 hari ini (8 dan 9 Februari 2022) diperlombakan 8 cabang, baik akademik dan non akademik. Peserta lomba memperebutkan tropi bergilir, piagam, plus piala dan hadiah motivasi yang dipersiapkan panitia.


Ajang promosi melalui silaturrahmi sembari berlomba ini dibuka langsung Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi bersama Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, H. Ramza Husmen. Sebuah iven akbar madrasah telah digelar MAN 1 Payakumbuh yang kini dikepalai Muhammad Suhardi dibantu Kaur TU, Ihda Wahyuni beserta jajaran hingga pengurus komite. 


Membuka MVC I, Selasa (08/02/2022), Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi dalam sambutannya mengapresiasi MAN 1 Payakumbuh. Karena, disamping membuka ajang ini, rombongan Kakanwil juga memantau workshop (perbengkelan) vocasional di lingkungan madrasah yang terletak di jalan Rasyid Thaher No. 56 Payakumbuh ini. 


"Disamping ajang silaturahim, Kita bisa melihat kelemahan madrasah tsanawiyah kita, karena mereka akan melanjutkan ke tingkat lebih tinggi di aliyah. Karena kita menetapkan dan menargetkan, madrasah itu endingnya aliyah. Bukan tsanawiyah,"apresiasi Helmi. 


Dikatakannya, MAN 1 Payakumbuh tampil sebagai madrasah untuk melahirkan generasi beriman, berilmu dan mandiri. 


"Pendidikan itu ada input dan output. Secara nasional, Input kita sudah terstandar. Disamping rombel dan SDM nya, Kita sudah lihat workshop, labor, bengkel keterampilan dan sarpras lainnya, sangat mendukung visi misi vocasional. Terus yang terpenting outputnya. Yakni, nilai lulusan berkualitas, hatinya berzikir, otaknya berpikir dan mandiri. Jika mereka tidak melanjutkan pendidikan usai tamat aliyah. Mereka bisa berkarya karena sudah dibekali di MAN 1 Payakumbuh. Sangat banyak potensi di MAN 1 Payakumbuh, tinggal kita mengembangkan potensi yang ada, dan kita di kanwil siap mensupor. Kita ada lahan yang akan kita usahakan secara bertahap raung belajarnya.


Karena kita punya misi, Meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat di madrasah. Masyarakat yang berminat masuk madrasah kita fasilitasi, bersama kita ciptakan generasi berkarakter dan berakhlakul karimah, dengan ilmu agama, ilmu umum dan kewirausahaan. Terkait kekurangan sarpras, kita upayakan bersama,"ungkap Helmi. 


"Selanjutnya, selamat berlomba,"pungkas Kakanwil. 


Dengan dibukanya ajang MVC oleh Kakanwil Kemenag Sumbar, panitia lanjut dengan ragam lomba yang dijadwalkan selama 2 hari tersebut. 


Saat dijumpai di ruang kerjanya, Kepala MAN 1 Payakumbuh, Muhammad Suhardi didampingi Kaur TU, Ihda Wahyuni menerangkan MVC adalah kelanjutan dari Ajang Temu prestasi. 


"MVC bertujuan untuk promosi kampus MAN 1 vacasional Payakumbuh kepada SLTP dan MTS se Kota dan kabupaten Lima Puluh Kota. Ini pembaharuan dari ATP. Kita sengaja buat tema lebih spesifik madrasah, yakni vocasional, madrasah yang mengelola pendidikan kemandirian, budidaya jamur tiram, las dan tenun kubang. Promosi ini kita gelar berbagai lomba untuk silaturrahmi antar SLTP dan MTS,"terang Kepala MAN 1 Payakumbuh, didampingi Kaur TU, Ihda Wahyuni.


Diterangkan kandidat doktor ini, ada 8 lomba yang sudah disiapkan panitia pelaksana, PAI, MSQ, Cerdas cermat, MIPA, Pionering, Tahfidzul quran, Tenis meja, dan penyelenggaraan jenazah.


Selama 2 hari pelaksanaan lomba panitia menetapkan 5 pemuncak juara dari 8 cabang yang diperlombakan. Juara I diraih MtsN 3 Lima Puluh Kota, Juara II diraih MTsN 1 Payakumbuh. SMP Raudhatul Jannah tampil Juara III. Selanjutnya, Juara IV diraih MTsN 4 Lima Puluh Kota, dan Juara V diraih MTS Madani Payakumbuh. Dalam lomba ini, panitia sengaja menghadirkan dewan juri yang profesional di bidangnya. 


"Dari ajang ini telah kita inventaris para juara, yang selanjutnya kita undang untuk bergabung dengan keluarga besar MAN 1 Vocasional Payakumbuh. Tropi bergilir diboyong MTsN 3 Lima Puluh Kota. Selamat untuk kita semua,"ujar Suhardi saat penyerahan hadiah lomba.


Menutup MVC, Suhardi sampaikan rasa syukur dan terima kasih. 


"Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT, kegiatan Madrasah Vocational Competition (MVC) telah selesai dilaksanakan, selamat kepada MTsN 3 Kabupaten 50 Kota, yang berhasil menyandang Juara Umum. Terima kasih banyak kami ucapkan kepada Kakanwil Kemenag Sumbar, Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, serta semua jajaran yang telah mendukung dan menghadiri acara ini. Selanjutnya, keluarga besar MAN 1 Payakumbuh, komite, para sponsor dan donatur dan peserta lomba yang telah berpartisipasi, serta semua pihak yang telah membantu baik moril maupun materil. Kami sangat apresiasi.(014) 

Posting Komentar

0 Komentar