Wakil Rektor II UNP Dikukuhkan Sebagai Pangulu Suku Tanjuang Maninjau Kab. Agam.

IMPIANNEWS.COM

Padang---Prof. Ir. Syahril, M.Sc, Ph.D Wakil Rektor II UNP, dilewakan sebagai Pangulu Andiko Datuak Manindiah Nan Basa Suku Tanjuang Nagari Maninjau Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Prosesi batagak pangulu dengan malewakan gelar adat tersebut dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Maninjau, Minggu 15/1.

Prosesi dimulai dengan arakan musik tambua Maninjau dari rumah gadang menuju Balai KAN Nagari. Selanjutnya acara utama, yang diantaranya berisi sambutan dari beberapa, penyampaian pusako dari mamak pusako  sambutan Prof. Ganefri, Ph.D (Rektor UNP) mewakili tokoh masyarakat dan dari unsur Pemerintah daerah disampaikan oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansyarullah, SP.  Pada prosesi tahapan selanjutnya dilanjutkan dengan malewakan gala pangulu serta kegiatan penutup.

Rektor UNP, Prof. Ganefri Ph.D sebagai wakil masyarakat menyampaikan  sambutannya " peran pangulu memiliki peran adat dalam memimpin kaumnya berada dalam posisi egaliter, didahulukan selangkah dan ditinggikan sarantiang, sehingga pangulu pun bisa diingatkan oleh kaumnya. Selain itu pangulu mengemban peran sosial yang akan menjadi contoh bagi kaum dan masyarakat. Sebagai orang yang berperan dalam menyelesaikan silang sangketo, pangulu adalah sebagai hakim yang adil manimbang samo barek, maukua samo panjang, Selanjutnya Rektor UNP mengucapkan selamat kepada Prof. Syahril yang juga pemimpin di UNP,  sebagai WR II, tegas Prof. Ganefri, yang juga Ketua PWNU Sumbar ini.

Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansyarullah, mengatakan " Dengan kearifan lokal masyarakat Sumatera Barat, melahirkan pemimpin baik pemimpin adat maupun pemimpin di luar adat. Tradisi berbicara atau pasamabahan yang masih terwariskan antar generasi merupakan modal budaya, yang menguatkan calon pemimpin. Maka keberadaan nagari tetap strategis melahirkan  pemimpin masa depan termasuk melalui batagak pengulu.

Dalam kegiatan batagak pangulu ini, diikuti dengan khidmat dan meriah oleh para tamu, undangan dari unsur pemerintah daerah, pimpinan UNP, legislatif, Porpimda Agama, para pengulu di selingkar Maninjau, Wali Nagari, Bamus, KAN dan masyarakat Maninjau khususnya Suku Tanjung (Er/ Humas UNP).

Posting Komentar

0 Komentar