Duta Besar Arab Saudi H. E. Essam bin Ahmad Abed Al Thaqafi bersama rombong berkunjung ke Universitas Negeri Padang Sumatra Barat.

 

IMPIANNEWS.COM

Padang -- Duta Besar Arab Saudi H. E. Essam bin Ahmad Abed Al Thaqafi bersama rombongan lakukan kunjungan balasan  ke Universitas Negeri Padang Sumatra Barat, dalam kunjungannya tersebut untuk memberikan Kuliah Umum, sekaligus  meresmikan Pusat Studi Saudi Center di Universitas Negri Padang (UNP) Sabtu 29 Januari 2022.

Kunjungan  Duta besar Arab Saudi di UNP tersebut di disambut langsung oleh Rektor UNP Prof. Ganefri PhD dan Gubernur Sumbar Mahyeldi serta Walikota Padang Hendri Septa, acara diselenggarakan  di Auditorium Universitas Negeri Padang ( UNP ) di Jalan Air Tawar Padang bersama ribuan mahasiswa UNP.

Rektor UNP Prof Ganefri dalam sambutannya menyampaikan, kerjasama UNP dan Arab Saudi telah dimulai sejak 2017 lalu dimana UNP sendiri telah mendirikan pusat Saudi corner atau pusat studi bagi mahasiswa yang ingin belajar mengenai Arab Saudi.

Ganefri juga mengatakan, bahwa Universitas Negeri Padang yang dipimpin nya mempunyai 107 program studi dengan jumlah mahasiswa sebanyak 46 ribu lebih.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, kita berharap Kedepaan UNP bisa bekerjasama dengan pemerintah Arab Saudi untuk bisa memberikan ruang dalam pengembangan mahasiswa dan dosen untuk dapat melanjutkan pembelajaran di Arab Saudi.

“Insya Allah Pemerintah Arab Saudi  dapat membantu sepenuhnya perlengkapan pusat studi Islam yang ada di UNP ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini juga Gubenur Sumbar Mahyeldi dalam kata sambutannya mengucapkan selamat datang di Ranah Minang dan berharap silahturahim yang terjalin selama ini tetap terus berlanjut.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Arab Saudi atas terpilihnya Mesjid Raya di Sumbar sebagai mesjid dengan arsitektur terbaik di dunia”, kata gubernur.

“Kita harapkan dalam pertemuan ini bisa berlanjut kerjasama dalam rangka membangun Indonesia khususnya Sumatera Barat dalam pembangunan Kedepan,” ujarnya.

Sementara itu Duta Arab Saudi H. E. Essam bin Ahmad Abed Al Thaqafi menjelaskan, kedatangannya ke Sumbar adalah sebagai Kunjungan balasan atas kunjungan Rektor Ganefri dan Gubenur Mahyeldi yang datang ke kedutaan Arab Saudi waktu lalu.

“Hubungan Arab Saudi dan Indonesia diharapkan bukan hanya sebatas bahasa saja namun berlanjut kerjasama dibidang pendidikan di universitas- universitas Indonesia.

“Keberadaan pusat center Arab Saudi di UNP untuk memberikan keilmuan mengenai Arab Saudi bagi mahasiswa di universitas Negeri Padang,” ujarnya.

Dikatakan, Keberdaan Studi center Arab Saudi di UNP nantinya juga akan menjembatani mahasiswa untuk belajar ke Arab dan Libya.

“Kami juga telah memprogram kan untuk pemberian beasiswa bagi mahasiswa di Indonesia dan tentunya bagi mahasiswa di Universitas Negri Padang,” terangnya.

Acara berlangsung penuh hikmat dan  dilanjutkan pertukaran cendera mata serta peresmian Studi Center Arab Saudi di Universitas Negeri Padang.

( Ay )

Posting Komentar

0 Komentar