Pengurus BAZNAS Payakumbuh Dikukuhkan

Hamdi Sofian jabat ketua Baznas 

IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh - Selelah melalui serangkaian seleksi uji kompetensi sejak Oktober lalu, Wali Kota Payakumbuh melantik Ketua dan Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh periode 2021-2026 di Aula Ngalau Indah Balai Kota Payakumbuh, Jumat (31/12).


Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Baznas Kota Payakumbuh berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Payakumbuh Nomor 451.15/625/WK-PYK/2021 dengan menetapkan Hamdi Syofian sebagai ketua Baznas Kota Payakumbuh.


Sedangkan Wakil Ketua Bagian Pengumpulan dijabat oleh Edi Kusmana, Wakil Ketua Bagian Pendistribusian diamanahkan kepada Zul'aidi, Wakil Ketua Bagian Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan dijabat oleh Erimiati dan Wakil Ketua Bagian Administrasi, Sumber Daya Manusia dan Umum dijabat oleh Aguswan Rasyid.


Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengucapkan selamat kepada pimpinan Baznas Kota Payakumbuh peride 2021-2026 yang baru saja dilantik, semoga kedepannya Baznas Kota Payakumbuh semakin maju lagi.


"Kami juga mengucapkan terimaksih dan apresiasi kepada pengurus Baznas Kota Payakumbuh periode 2016-2021 atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini. Semoga apa yang telah dilakukan bernilai ibadah disisi Allah SWT," Kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi kepada media.


Riza menyebut tantangan bagi pimpinan Baznas dari tahun ke tahun tentu bagaimana mengoptimalkan penerimaan zakat warga Kota Payakumbuh. Sejauh ini jumlah zakat yang dikelola Baznas Kota Payakumbuh tergolong masih kecil, dibanding potensi zakat dari para wajib zakat.


"Dari laporan yang kami terima, pada tahun 2016 jumlah zakat yang dikelola Baznas Kota Payakumbuh 2,4 milyar rupiah. Pada tahun 2017 sebesar 2,2 milyar rupiah dan terus turun pada tahun 2021 menjadi 1,9 milyar rupiah," ungkapnya.


"Berdasarkan data diatas, hal ini tentu menjadi tantangan bagi pimpinan Baznas yang baru saja dilantik untuk terus menggali potensi-potensi penerimaan zakat dari sumber yang baru," tukuknya.


Wako dua periode itu mengatakan Pemko Payakumbuh siap bersinergi dengan Baznas untuk mewujudkan tujuan yang mulia tersebut.


"Kami percaya dengan berkolaborasinya pimpinan Baznas dengan banyak pihak maka akan lebih banyak zakat yang akan terhimpun," ucapnya.


Sementara itu Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat Bukhari mengatakan kerja pengumpulan zakat sebenarnya adalah kerja dari pemerintah, namun didelegasikan kepada Baznas untuk mengumpulkan dan mengelolanya.


"Semoga Pemko Payakumbuh bisa berkolaborasi dengan Baznas serta kita harapkan Baznas Kota Payakumbuh bisa bekerja dengan maksimal sehingga setiap zakat yang dikumpulkan bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran," pungkasnya. (014)

Posting Komentar

0 Komentar