Kunjungan Perdana Kakanwil Kemenag Sumbar di MTsN 2 Payakumbuh

.

IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Sejak pagi, sekitar 30 siswa penari pasambahan MTsN 2 Payakumbuh sudah mempersiapkan diri pakaian khas minang ditambah make up, agar saat tampil mereka bisa membuat tamu bahagia dan senang. Ada apa dengan MTsN 2 Payakumbuh ?.


Keluarga besar MTsN 2 Payakumbuh bakal kedatangan tamu istimewa. Yakni kunjungan kerja Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Helmi dan rombongan ke MTsN 2 Payakumbuh. 


Kunjungan kerja H. Helmi ke madrasah yang terletak di jalan KH Ahmad Dahlan, Talawi, kenagarian Koto Nan Godang kecamatan Payakumbuh, Kota Payakumbuh adalah untuk meninjau kesiapan MTsN 2 Payakumbuh dalam pelaksanaan SKB untuk 11 CPNS kemenag Sumbar yang dipusatkan di madrasah ini.


Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Helmi hadir di MTsN 2 Payakumbuh bersama Ketua DWP kemenag Sumbar serta didampingi Kepala Kankemenang Kota Payakumbuh Ramza Husmen bersama Ketua DW unit serta Kasubbag TU, Mustafa disambut Kepala madrasah Asafil Kudri bersama pegawai dan perangkat madrasah. Helmi disambut Tari Pasambahan dan suguhan carano berisikan sirih dan pinang.


"Saya sangat kagum, disambut talempong, bansi, carano oleh siswa dan siswi. Disambut tari pasambahan dengan musik dimainkan sendiri. Artinya, tidak menggunakan kaset atau rekaman yang diputar dengan tape atau laptop. Ini harus dipertahankan Kepala madrasah dan ditingkatkan,"ucap Helmi kepada Kepala madrasah dan disimak pengurus komite, Sabtu (04/12/2021) siang. 


Melangkah menuju labor komputer, Kakanwil Helmi mengingatkan agar jajaran Kankemenang Kota Payakumbuh selalu menjaga sinergitas dengan seluruh aspek. Jangan sampai mengelak atau tidak mau tau dengan sinergitas. Karena madrasah butuh masyarakat dalam membangun, fisik madrasah dan membangun prestasi siswa dan guru madrasah. Tanpa dukungan masyarakat, madrasah tiada artinya, madrasah lemah. Terutama membangun dimasa pandemi saat ini. 


"Sebagaimana laporan Kepala madrasah dan Ketua komite, bahwa fisik labor dan komputer lengkap dengan perangkatnya adalah wakaf dari wali murid. Termasuk sejumlah ruang belajar. Terbaru adalah pembangunan 5 ruang belajar di lantai II. Sebelumnya, 5 lokal di lantai I juga wakaf dari wali murid. Jadi, Kita wajib bersyukur kepada Allah, tingkat kepedulian masyarakat akan pendidikan agama sangat tinggi. Sebagai bukti syukur dan berterima kasih kepada masyarakat, kami perintahkan agar kita menjalankan tugas penuh tanggung jawab kepada Allah SWT, yakni penciptaan generasi muslim yang beriman, berilmu dan berakhlak mulia. Ini juga mulia bagi kita,"pesan Helmi. 


"Jarang dijumpai di tempat lain, Lahan madrasah seluas 2hektar ini juga wakaf dan hibah dari masyarakat disini. Ini adalah bukti kepedulian warga akan pendidikan agama melalui madrasah,"imbuhnya. 


Usai meninjau lokasi pelaksanaan SKB CPNS di MTsN 2 Payakumbuh, Kakanwil Helmi memastikan bahwa labor MTsN 2 Payakumbuh siap pakai. Dirinya berpesan kepada Kepala Kankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MTsN 2 Payakumbuh serta panitia lokal, juga siap untuk bertugas. Termasuk pengadaan energi cadangan kita ada kendala. 


"Berikan pelayanan terbaik agar pelaksanaan SKB CPNS berjalan dengan lancar. Ini terkait nama lembaga,"tegasnya. 


Sebelumnya pada Kamis (02/12/2021), Ketua Panitia SKB CPNS dari Kanwil Kemenag Sumbar, Hj. Erma dan tim juga telah meninjau kesiapan labor komputer MTsN 2 Payakumbuh bersama Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, Ramza Husmen. 


Saat diwawancarai usai meninjau proses pengerjaan pembangunan ruang kelas baru, Kakanwil Helmi penyandang gelar doktor ini mengutarakan bahwa masyarakat bangga menyekolahkan anaknya di madrasah karena ada nilai lebih. Disamping pembelajaran umum ada pelajaran agama. Kedepan, dirinya berharap agar tahfidz menjadi salah satu standar kelulusan mendatang. 


"Kita sangat apresiasi, MTsN 2 Payakumbuh lahan luas dan memadai, siswanya pandai menari dan bermain musik tradisional, program tahfidz juga dijalankan. Ini adalah nilai jual yang harus kita tingkatkan sebagai bukti Trust (kepercayaan) masyarakat. Kami kagumi dengan sinergitas yang sudah terbangun di MTsN 2 Payakumbuh,"pungkas Helmi, kagum.(014)

Post a Comment

0 Comments