Kota Padang Raih Penghargaan Implementasi Program Smart City

IMPIANNEWS.COM

BANTEN - Pemerintah Kota Padang di bawah kepemimpinan Wali Kota Hendri Septa kembali mendulang prestasi di kancah nasional.

Prestasi tersebut berupa penghargaan dari Kemenkominfo RI kepada Kota Padang atas Implementasi Program Smart Ciy (Kota Cerdas) kategori Smart Society Gerakan Menuju Smart City.

Penghargaan itu diterima Wali Kota Hendri Septa dari Menkominfo Johnny Gerard Plate dalam acara Indonesia Smart City Conference, Forum SPBE dan Pameran Smart City di International Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Selasa (14/12/2021). 

"Alhamdulillah segala puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT atas penghargaan yang kita terima kali ini. Semoga penghargaan ini menjadi pelecut semangat kita khususnya jajaran Pemko Padang bersama stakeholder untuk terus berkolaborasi memberikan kinerja terbaik. Khususnya terkait upaya implementasi program Smart City," ungkap Wako Hendri Septa sewaktu ditemui usai menerima penghargaan.

Orang nomor satu di Kota Padang itu membeberkan, penghargaan yang diterima tersebut diraih bukanlah dengan mudah. Serangkaian tahapan penilaian pun diikuti dan dilakukan hingga sesi wawancara.

"Untuk Kota Padang inovasi yang kita kedepankan dalam dimensi Smart Society ini adalah inovasi kebencanaan yang selama ini telah dikerjasamakan dengan Telkom University. 

Dijelaskannya, kerja sama tersebut yaitu dalam menciptakan alat pembangkit signal seluler pada saat bencana alam terjadi yang biasanya menyebabkan hilangnya signal seluler. Saat ini alat tersebut sedang dalam tahap pengembangan sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikan dengan jenis bencana yg ada.

"Hal ini pernah kita alami waktu terjadinya gempa dahsyat berskala 7,9 richter. Alhamdulillah kita bersyukur upaya kita ini mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kemenkominfo hari ini," tukas Hendri

Sementara itu Menkominfo Johnny Gerard Plate mengatakan Gerakan Menuju Smart City adalah gerakan yang bertujuan membimbing pemerintah kota/kabupaten dalam merencanakan pembangunan berbasis inovasi dan teknologi. Untuk tahun 2021 ini, Gerakan Menuju Smart City difokuskan kepada kota/kabupaten di sekitar 10 Kawasan Wisata Prioritas.

"Total ada 70 kota/kabupaten yang terlibat, dengan 48 kota/kabupaten mendapat bimbingan khusus dari tim ahli yang terdiri dari akademisi dan praktisi Smart City. Pada acara Penutupan Gerakan Menuju Smart City 2021 ini, kita juga memberikan penghargaan kepada seluruh kepala daerah kota/kabupaten yang telah mengikuti gerakan ini dengan baik," katanya.

Selain itu sambungnya, juga akan diadakan pameran virtual yang menggambarkan pencapaian maupun rencana pembangunan berbasis Smart City dari masing-masing kota/kabupaten. 

"Pameran virtual digelar dari hari ini tanggal 14 hingga 28 Desember 2021 mendatang. Sekali lagi kita mengucapkan selamat bagi daerah dan kepala daerah yang menerima penghargaan. Semoga terus berbuat dalam mendukung Gerakan Menuju Smart City," tukas Menkominfo. (Dv/Prokompim Pdg)

Posting Komentar

0 Komentar