Universitas Negeri Padang ( UNP ) gelar wisuda ke - 125.

Impiannews.com

Padang -  Universitas Negeri Padang (UNP) gelar acara wisuda ke - 125. kegiatan wisuda dilaksanakan selama tiga hari dengan secara Luring dan Daring, sebanyak 1.848 orang wisudawan/Wati, pada hari kedua wisuda  prof. Ganefri, Ph.D mewisuda sebanyak 898 orang wisudawan/Wati dari 10 Fakultas dan Pascasarjana yang ada di UNP, yang diselenggarakan di Auditorium UNP Rabu 15 Desember 2021.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk rapat senat akademik terbuka, yang hanya dihadiri pimpinan UNP, dan anggota senat akademik, perwakilan alumni dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D menjelaskan, Pada wisuda UNP ke - 125 ini, merupakan wisuda perdana bagi UNP sebagai perguruan badan hukum ( PTN BH )  terkait dengan transisi UNP dari PTN BLU ke PTN BH, setelah keluarnya PP No.114 Tahun 2021 tentang PTN BH Universitas Negeri Padang pada tanggal 25 November 2021, sekaligus memasuki babak baru sebagai PTN BH bersama 15 PTN lain di Indonesia.

Berbagai perubahan mulai dilakukan pada masa transisi seperti di tataran regulasi, kelembagaan, perubahan SOTK, budaya akademis dan pengelolaan sistem informasi.

Terkait dengan perubahan dalam sistem informasi, menjadi informasi yang disajikan secara digital, juga diiringi dengan komitmen UNP untuk selalu menjadi perguruan tinggi yang informatif, sesuai dengan paltform keterbukaan informasi publik. 

Lebih lanjut lagi Ganefri mengatakan, setelah dua kali Komisi Informasi Indonesia, menganugerahi UNP sebagai Perguruan Tinggi paling INFORMATIF tahun 2019, sehingga waktu itu UNP, merupakan Perguruan Tinggi pertama di luar Jawa yang mendapat penghargaan tersebut.

“Pada tahun 2021 ini, kita kembali menjadi perguruan tinggi informatif, malah berada di posisi kedua, setelah Universitas Airlangga Surabaya. Prestasi lain juga diraih oleh Humas UNP tahun 2019 yaitu No. 2 pengelolaan website PTN BLU, dan No.3 pengelolaan media sosial tahun 2020,” ucapnya

Rektor UNP prof. Ganefri, Ph.D mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas hasil yang diraih oleh UNP, setelah dua kali Komisi Informasi Indonesia, menganugerahi UNP sebagai Perguruan Tinggi paling INFORMATIF tahun 2019, sehingga waktu itu UNP, merupakan Perguruan Tinggi pertama di luar Jawa yang mendapat penghargaan tersebut.

Dalam wisuda periode ini, pada hari kedua juga diisi oleh Orasi ilmiah dari sejumlah tokoh nasional, yakni Prof. Dr. H. Muhammad Nasir (Menristekdikti periode 2014 - 2019) yang juga saat ini sebagai Staf Khusus Wapres Republik Indonesia.

Dalam orasi ilmiahnya, Muhammad Nasir menyampaikan, para wisudawan/wati yang  dilantik hari ini diharapkan dapat menjadi insan yang berbakti kepada bangsa dan negara.

Lebih lanjut beliau mengatakan, usai di wisuda para lulusan jangan hanya terpaku untuk menjadi PNS. Masih banyak profesi lain yang mengantar kepada kesuksesan. Seperti berwira swasta contohnya. Tidak sedikit orang yang sukses dengan membangun usaha sendiri. Para wisudawan/Wati harus kreatif dan jeli mencari peluang-peluang,” ujarnya

Dalam kesempatan ini juga tak lupa Muhammad Nasir mengucapkan selamat kepada UNP yang telah berstatus PTN BH. Semoga UNP menjadi universitas yang unggul dan lebih banyak lagi melahirkan akademisi-akademisi yang berkwalitas,” tuturnya ( ayu )

Posting Komentar

0 Komentar