Kepengurusan Baru Pokjaluh Bukittinggi, Terbentuk.

.

IMPIANNEWS.COM
 

Kota Bukittinggi, - Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) merupakan sebuah organisasi resmi dalam insan insan penyuluh Agama Islam Fungsional mulai dari tingkat kab/ Kota sampai tingkat nasional. Dari organisasi ini di harapkan kegiatan dan tugas kepenyuluhan dapat berjalan dengan baik dan lancar di setiap daerah di negeri ini. Keorganisasian insan penyuluh agama PNS yang di kenal dengan POKJALUH.


Organisasi Pokjaluh kab/kota tentu diharapkan akan dapat mengelola masalah upaya pencerahan umat melalui tugas kepenyuluhan yang dilakukan oleh penyuluh agama akan dapat dikembangkan dan ditingkatkan dari tahun ke tahun. Bila di hitung secara masa aktif  kepengurusan Pokjaluh KanKemenag kota Bukittinggi telah mendekati habis masa kepengurusan pertanggal 31 Desember 2021. 


Menyikapi kondisi ini pengurus Pokjaluh yang sedang berjalan Rusman Edi selaku ketua melakukan rapat pada pertemuan Pokjaluh pada beberapa hari yang lalu. Salah satu pertemuan itu melahirkan hasil menentukan hari musyawarah daerah Pokjaluh Bukittinggi. Maka telah disepakati hari musyawarah dimaksud hari Rabu tanggal 22 Desember 2021 di dangau pesawangan Kab. Agam hari ini Rabu 22 Desember 2021. 


Dalam musyawarah yang alot dengan berbagai pertimbangan maka disepakati hasil musyawarah dalam pembentukan pengurus ini adalah: 


Ketua: H. Azerul, S.Ag.,M.H ( Penyuluh kec. Aur Birugo Tigo Baleh).


Sekretaris: Melindawati( Penyuluh Kec. Mandiangin Koto Selayan) dan Bendahara: Nelharusminarni (Penyuluh Kec. Guguk Panjang). 


Dalam musyawarah yang cukup argumentatif yang muncul dari masing-masing anggota atas pertimbangan anggota. Pertama, mengingat kinerja kepengurusan yang lama cukup mendapat apresiasi dari anggota ada yang ingin mengapungkan kepengurusan yang lama. Kedua, Mengingat kepengurusan yang lama sudah 2x periode akan muncul sebuah kejenuhan untuk itu perlu penyegaran. 


Ketiga, Mengingat untuk melakukan adanya pemerataan dan pengalaman untuk memegang tampuk kepengurusan perlu adanya alih generasi ke generasi berikutnya. 


Dari berbagai pertimbangan itu perlu ditilik beberapa person anggota Pokjaluh untuk masa yang akan datang. Setelah ditelusuri satu demi satu maka di dapatkan kesepakatan pada nama- nama diatas. Mengingat pengalaman pada pengurus terpilih ini memang terbilang baru. Namun ada sebuah motifasi bagi pengurus terpilih yaitu adanya kerja sama dari pengurus yang lama dengan anggota untuk pengurus yang baru sehingga pengurus tidak dibiarkan berjalan sendiri namun seluruh anggota akan ada sebuah komitmen berkontribusi terhadap jalannya organisasi ini dengan baik. Maka Rusman Edi Selaku pengurus yang lalu mengharapkan dan mengajak pengurus yang lalu untuk membimbing pengurus terpilih. Dengan adanya komitmen ini maka pengurus terpilih menerima hasil kesepakatan anggota. 


Kita berharap tentunya di masa mendatang Pokjaluh Bukittinggi akan lebih baik. Ulas Rusman Edi. Mantan ketua ini sempat mhn maaf kepada anggota bila ada program yang belum sempat terlaksana dan berharap pengurus terpilih akan melanjutkan program tersebut.


Dengan terpilihnya kepengurusan yang baru tentunya agenda berikut adalah Rapat Kerja ( Raker) Pokjaluh yang akan di rencanakan pada awal Januari 2022 mendatang. Semoga lancar dan sukses. (014)

Post a Comment

0 Comments