Inovasi BPS dan Diskominfo Kota Payakumbuh Raih Juara 3 Tingkat Provinsi Sumbar

.

IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh --- Inovasi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Payakumbuh bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh, KOLASE (KOLAborasi dalam diSEminasi) berhasil meraih penghargaan Juara 3 terbaik se Sumatera Barat dalam Kompetisi Inovasi Hari Statistik Nasional 2021. 


Penghargaan itu diserahkan oleh Kepala BPS Provinsi Sumbar Herum Fajarwati di Padang dalam Rapat Teknis Daerah, 3 Desember 2021.


Inovasi KOLASE merupakan upaya penyebarluasan data statistik kepada masyarakat yang dikemas dalam bahasa popular. Inovasi ini lahir sebagai upaya bersama dalam pelaksanaan amanat Perpres No 39 tahun 2019 mengenai Satu Data Indonesia.


Selain KOLASE, program kolaborasi lainnya yang juga merupakan perwujudan Satu Data Indonesia yaitu AKUSTIK (Aktivitas penataan urusan statistik tingkat kelurahan) yaitu upaya menjadikan Kota Payakumbuh sebagai daerah statistik dan yang menjadi pilot projectnya dimulai dengan Kelurahan Kapalo Koto Dibalai. 


Wali Kota Riza Falepi, Jumat (3/12), saat dihubungi media menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih BPS Kota Payakumbuh. Riza menyampaikan kalau Pemerintah Kota Payakumbuh mendukung penuh program BPS dalam mewujudkan kelurahan statistik.


"Bila satu kelurahan yang menjadi pilot project ini berhasil, maka nanti juga harus diikuti oleh seluruh kelurahan lainnya di Kota Payakumbuh. Sehingga terciptanya satu data yang mendukung kinerja pemerintah untuk kepentingan masyarakat dan hal tersebut sesuai dengan tema kita yaitu untuk Payakumbuh tangguh dan tumbuh," kata Riza didampingi Kadiskominfo Junaidi.


Sementara itu, Kadiskominfo Junaidi didampingi Sekretaris Armein Busra dan Kabid E-Gov Rafles mengatakan tata kelola statistik sektoral dibutuhkan, sosialisasi juga dibutuhkan untuk meningkatkan dan membangun kesamaan dalam memahami penyelenggaraan kegiatan statistik.


"Diskominfo akan terus memberikan dukungan untuk terwujudnya kelurahan statistik hingga tujuan akhir tercapai yaitu Kota Payakumbuh menjadi Kota Statistik," kata Junaidi.


Dihubungi terpisah, Kepala BPS Kota Payakumbuh Dessi Febriyanti didampingi Kasubag Umum BPS Kota Payakumbuh Erni Sulastri menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan sinergi Pemko Payakumbuh yang telah bersinergi bersama BPS menyukseskan program pemerintah ini.


"Lomba inovasi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional 2021. Sebagai pembina statistik sektoral sebagaimana yang diamanatkan Perpres Nomor 39 Tahun 2019, kita melaksanakan kegiatan kolaborasi yang sudah diinisiasi antara BPS dan Pemko Payakumbuh dalam hal ini Dinas Kominfo Payakumbuh," kata Dessi.


Dessi menyampaikan ke depan AKUSTIK telah diusulkan melalui Bappeda Kota Payakumbuh untuk menjadi rencana aksi pelaksanaan Satu Data Indonesia. Sesuai yang diamanatkan kepada BPS sebagai pembina statistik sektoral harapannya masyarakat dan para pengguna data menjadi melek statistik. 


"Literasi statistik menjadi penting, karena dengan demikian masyarakat dengan senang hati akan memberikan data yang diinginkan ketika ada petugas survei atau petugas sensus melakukan pendataan kerumah atau tempat usaha mereka," pungkasnya. (014)

Posting Komentar

0 Komentar