Terhitung Warga Afghanistan Setiap Hari Menyeberang ke Iran Sekitar 5000 Orang

AP Photo/Ist

IMPIANNEWS.COM

Kabul - Norwegian Refugee Council (NRC), atau yang dikenal sebagai Dewan Pengungsi Norwegia mencatat, telah ada 300 ribu warga Afghanistan melakukan penyeberangan ke Iran semenjak Taliban menguasai Afghanistan, dan diperkirakan pada musim dingin mendatang, ratusan ribu warga Afghanistan akan kembali menyeberang ke Iran.

Sekitar 5000 warga Afghanistan setiap hari terus menyeberang ke Iran, sehingga Iran tidak mampu lagi menampung warga Afghanistan dalam skala yang lebih besar lagi karena faktor keterbatasan dana di Iran.

Menanggapi hal yang dialami Iran, kelompok NRC menyerukan dukungan Internasional lebih banyak untuk Iran yang sedang berperang dalam  menangani krisis ekonomi yang dialami Iran.

Dikutip dari Antara, Sekretaris Jenderal NRC dalam sebuah pernyataan menyampaikan "Iran tidak dapat diharapkan menjadi tuan rumah begitu banyak warga Afghanistan dengan begitu sedikit dukungan dari masyarakat Internasional",ujarnya.

Jan Egeland juga menyerukan "Harus ada peningkatan bantuan segera, baik di Afghanistan maupun di negara-negara tetangga seperti Iran, sebelum musim dingin yang mematikan", tambahnya.

Tak hanya itu, Jan Egeland memberikan pujian atas kepedulian Iran yang telah menampung warga Afghanistan.

"Kami memuji Iran karena menyambut dan menampung jutaan pengungsi Afghanistan selama empat dekade terakhir. Tetapi, sekarang komunitas internasional harus melangkah untuk mendukung negara-negara tetangga Afghanistan,"ucap Jan Egeland.

Posting Komentar

0 Komentar