Wakil Presiden AS, Kamala Harris Kunjungi Presiden Prancis demi Meredakan Ketegangan Antar AS dan Prancis

Tangkapan Layar@Youtube Impian

IMPIANNEWS.COM

Paris - Gesekan Diplomatik antar dua negara AS dengan Prancis terjadi dalam perjanjian kapal selam AS-Inggris dengan Australia. AS dan Inggris melakukan negosiasi dalam pembelian kapal selam secara rahasia tanpa sepengetahuan Australia. Akibat dari negosiasi secara rahasia tersebut, kesepakatan perjanjian dalam pembelian kapal sebelumnya yang terjadi antara Prancis dan Australia, negara Australia membatalkan perjanjian.

Demi meredakan ketegangan yang terjadi, Wakil Presiden AS, Kamala Harris menemui Macron Presiden Prancis pada Rabu (10/11) di kediaman presiden istana Elysee. Kunjungan Kumala Harris ditugaskan setelah Joe Biden memberitahu Macron bahwa "AS telah 'ceroboh' dalam mengatasi isu kapal selam" saat di Roma, Italia pada 29 Oktober lalu.

Berikut cuplikan pertemuan antara Wakil Presiden AS dengan Presiden Prancis dalam meredakan ketegangan yang terjadi akibat gagalnya perjanjian pembelian kapal selam.

dikutip dari The Associated Press, Macron menyampaikan “Kami berbagi pandangan bahwa kami berada di awal era baru dan kerja sama kami sangat penting untuk yang satu ini", ujarnya.

Senada dengan yang disampaikan Macron, Kumala Harris menanggapi dan menyampaikan, "saya pikir kita memiliki keyakinan yang sama bahwa kita berada di awal era baru. Era ini memberi kita banyak tantangan, tetapi juga banyak peluang."

Dalam pertemuan bilateral tersebut tidak hanya membahas seputar ketegangan yang telah terjadi. Kumala Harris bersama Macron juga membahas seputar tentang perubahan iklim, pandemi Covid-19, serta kerja sama di ruang luar angkasa. ***

Posting Komentar

0 Komentar