Respon Positif Pembaca Terhadap "The City Born Great", Karya N.K Jemisin

Photo Goodreads Author

Oleh: Fitri Ardila
(Civitas Academica Universitas Andalas)

IMPIANNEWS.COM

Cerita pendek karya N.K. Jemisin “The city born great” yang dipublikasikan pertama kali pada tahun 2016 banyak mendapatkan berbagai respon positif dari para pembacanya. Cerita pendek ini merupakan karya ke-sekian dari N.K. Jemisin setelah karya sebelumnya yaitu “The fift season” yang dinobatkan sebagai pemenang pada kategori novel terbaik di penghargaan Hugo tahun 2016 Amerika Serikat.

“The city born great”, sebuah cerita pendek yang hanya memiliki (22 halaman) berlatar belakang New york city ini mengulas tentang sebuah pemikiran bahwa kota-kota memiliki wujud pernapasan yang hidup, yang pada titik tertentu dalam hidupnya kota haruslah dibangkitkan untuk bisa berkembang lebih jauh menjadi sebuah kota yang maju atau berkembang. Pada buku ini  menjelaskan bahwa kota Amerika ini sepenuhnya sadar bahwa untuk dapat berkembang sebuah kota menunggu awalnya sendiri. Sementara masih banyak pihak-pihak musuh yang melakukan segala cara demi memastikan hal itu tidak terjadi. Pada alur cerita ini tergambar bagaimana kebrutalan polisi dan perlakuan semena-mena terhadap kaum minoritas dan orang-orang terpinggirkan. 

Cerita pendek ini menarik perhatian para pembaca dengan alur ceritanya yang digambarkan oleh sang penulis dengan sangat baik. Bagaimana penggambaran masalah-masalah yang terdapat di dalamnya sangat berhubungan dengan masalah yang sering terjadi saat ini.

Reaksi yang ditunjukkan oleh pembaca pada cerpen ini positif, banyak yang menyukai karya ini bukan hanya karena penulisnya saja tetapi juga karena isi dan maksud dari cerita ini yang menarik.

Salah satu ulasan positif yang diberikan oleh beberapa pembaca ketika selesai membaca karya N.K. Jemisin ini diantaranya;

“Jemisin has an amazing imagination and is a talented witer and she brings both skill to this story, she presents the city of new york as living, breathing entity, which reminded me of another book I love”. Tulis Phrynne, salah seorang pembaca di forum goodreads review- 2020.

Dia menuliskan bahwa jemisin selaku penulis dari cerpen ini memiliki imajinasi yang luar biasa dan juga bertalenta. Menurut Phrynne, N.K Jemisin mampu menggambarkan alur dari cerita ini dengan sangat baik. Yang membuat dia teringat pada buku yang sangat dia sukai. Phrynne- 2020.

Lalu ada juga ulasan lain dari pembaca lainnya yang mengatakan “ I think Jemisin did really good job fleshing out the story in such short form, beautiful writing as well. And I would like to see this elaborated into something bigger ”.Ungkap Elavina, salah seorang pembaca di forum goodreads review - 2020.

Elavina menuliskan bahwa Jemisin telah membuat karyanya dengan sangat baik, dia juga mengatakan bahwa tidak sabar untuk menantikan karya Jemisin lainnya yang lebih bagus lagi. Elavina-2020.

“and just go read the story itself. It wont take you more than 20 minutes and it’s not only very colorful. It also adresses many relevant issues. Personally, I think it’s a really good way to react to the whole ‘cops shooting black kids with book’s thing” Elavina-2020.

Elavina juga menambahkan, bahwa cerpen ini sangat rekomendasi untuk dibaca karena ceritanya yang singkat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dibaca dan juga, cerita ini sangat berhubungan dengan masalah-masalah yang sering terjadi saat ini, di mana masih banyak masyarakat kulit hitam yang diperlakukan dengan berbeda atau dengan semena-mena salah satunya, polisi yang sering berlaku semena-mena kepada anak kulit hitam yang tidak bersalah. Elavina-2020.

Itulah beberapa respon positif dari pembaca yang saya dapatkan informasinya dari sebuah forum bernama goodreads review yang membahas tentang review berbagai buku, dan untuk ulasan lain yang ingin kalian tahu tentang buku ini bisa kalian lihat dari forum tersebut.

he city born great tersedia secara online eksklusif di tor.com original selaku pihak ketiga yang mempublikasikan karya ini dan dapat dibaca secara gratis, dan juga cerpen ini sudah dikembangkan menjadi sebuah novel dengan tema yang sama dengan judul “The City We Became” yang merupakan series pertama dari great city series yang telah dipublikasikan pada 24 Maret 2020 yang lalu. Jemisin bekerja sama dengan pihak ketiga yaitu tor.com original dan pada tahun 2017 khusus untuk The City Born Great karya Jemisin ini tersedia secara online eksklusif di bawah hak cipta tor.com original sebagai pihak ketiga yang mempublikasikan karya ini.

Posting Komentar

0 Komentar