Kartunis Swedia, Lars Vilks Tewas Dalam Kecelakaan

IMPIANNEWS.COM

Lars Vilks seorang Kartunis Swedia yang viral karena membuat kartun Nabi Muhammad pada tahun 2007 lalu, sehingga memicu banyak orang untuk melakukan ancaman pembunuhan terhadap dirinya.

Karya Lars Vilks yang menggambarkan Nabi Muhammad pada seekor anjing, pada saat itu membuat umat muslim demonstrasi dalam jumlah besar. Viralnya kartun Nabi Muhammad karya Vilks ini terjadi setelah salah satu surat kabar di Denmark merilis kartun serupa.

Amarah umat muslim pada Vilks tak dapat dibendung lagi pada saat itu. Organisasi al-Qaeda asal Irak pun juga menawarkan hadiah untuk melakukan pembunuhan terhadap Lars Vilks dengan total uang senilai Rp 1 miliar.

Sejak viralnya karya tersebut, kehidupan yang dijalani Lars Vilks selalu dilindungi pihak kepolisian sampai hingga akhir hayatnya dalam kondisi kecelakaan mobil.

Senin,  (4/10/2021) Lars Vilks dilaporkan bepergian dengan kendaraan polisi sipil yang bertabrakan dengan truk di dekat kota Markaryd, Swedia bagian selatan. Dua petugas polisi juga tewas dalam kejadian tersebut.

Dilansir dari AFP, Senin (4/10/2021), Kepolisian Swedia mengonfirmasi bahwa Vilks yang berusia 75 tahun, tewas saat mobil yang ditumpanginya bertabrakan dengan sebuah truk pada Minggu (3/10) waktu setempat. Dua polisi yang bertugas mengawalnya, juga tewas dalam kecelakaan itu.

"Ini diselidiki sama seperti kecelakaan di jalanan lainnya. Karena dua polisi terlibat, penyelidikan ditugaskan ke bagian khusus pada kantor jaksa," sebut juru bicara Kepolisian Swedia kepada AFP. (*)

Posting Komentar

0 Komentar