Di Bukittinggi, Direktur Bina Haji Minta KBIHU dan KUA Satukan Tujuan

.

IMPIANNEWS.COM 

Bukitinggi, - Kakan Kemenag Kota Bukittinggi H. Kasmir didampingi Kasubbag Tata Usaha H. Zulfikar dan Kasi Penyelenggara Haji Dan Umrah Tri Andriani Djusair menyambut H. KHOIRIZI (Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama) bersama rombongan dalam rangka memberikan pencerahan terkait Desiminasi  KMA 660 kepada pimpinan KBIHU Se-Kota Bukittinggi,  Rabu (06/10).


Pada kesempatan tersebut  H. KHOIRIZI  Direktur Bina Haji Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementetian Agama RI  ini memberikan  arahan dan motivasi  yang sangat  luar biasa kepada Kakan Kemenag, Kasubag Tata Usaha, Kasi PHU , JFU Seksi Haji, Kepala KUA dan Pimpinan KBIHU se-Kota Bukittinggi.


“Tugas dan tangguang jawab kita sebagai ASN di Kementerian Agama khusususnya bidang Penyeleggaraan Haji adalah membina  melayani dan melindungi  jamaah. Mari terus kita perbaiki sistem dan pola bimbingan manasik haji yang bersinergi, komprehensif , kalaborasi antara KUA, KBIHU dan Seksi  Penyelenggaraan Haji  dengan satu tujuan untuk mewujudkan Jama’ah Haji  yang mandiri dan mampu mengukur isthitha’ah nya sendiri,  baik itu istitha’ah ibadah, istitha’ah perjalanan maupun istitha’ah kesehatan,” tuturnyan memberikan motivasi.


Selanjutnya Kata H. KHOIRIZI . “Untuk bimbingan manasik haji hendaknya lebih mengedepankan filosofi dan makna haji sebab haji adalah ibadah ritual napak tilas dari perjalanan Rasulullah SAW.  Mari terus kita tingkatkan layanan kepada setiap duyufurrahman, tidak hanya fokus dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji akan tetapi juga bagaimana Jema’ah tersebut bisa kaffah dalam beragama. Kami juga menghimbau untuk terus melakukan Manasik Haji Sepanjang Tahun, Bimbingan Mansik Online dan Dakwah haji,” ajaknya lagi.


Kakan Kemenag Kota Bukittinggi H. Kasmir memaparkan keberadaan KBIHU dan manasik yang sudah dilaksanakan di Kota Bukittinggi. 


“Selamat Datang di Kemenag Kota Bukittinggi kami ucapkan kepada H. KHOIRIZI  Direktur Bina Haji Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI. KBIHU Kota Bukittinggi berjumlah 4 Lembaga, Pertama KBIHU Masjid Jami’ Birugo dengan 103 jama’ah di pimpinan H. Muhammad Irsyad, KBIHU Masjid Raya dengan Jam’ah 83 orang di pimpin oleh Sirajuddin Ibrahim, SH, KBIHU Masjid Asy-Syifa’ dengan Jama’ah 26 orang dipimpin oleh H. Edy Jamal dan KBIHU Ikhwanul Haji dengan Jama’ah 96 orang di pimpin oleh Drs. H. Salman, MH,” papar putra Kabupaten Tanah Datar ini.


Selanjutnya H. Kasmir memaparkan pelaksanaan manasik yang sudah berjalan dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Pelaksanaan manasik secara rutin terus dilaksanakan setiap minggunya di KBIHU. Karena pandemi  Covid-19 Kakan kemenag Kota Bukittinggi melalui Seksi PHU dari tahun 2020 lalu terus melaksanakan Manasik Sepanjang Tahun yang dilaksanakan di Kantor KUA se-Kota Bukittinggi yang di kemas dalam program Bukitinggi Mabrur (Bukittinggi Menyapa Jama’ah Berhaji Dan Umrah Ala Rasul) dengan Bimbingan Tatap Muka, Online dan Bimbingan Baca Al-Qur’an (BIMBAQU Haji.


“Untuk tahun 2021 ini kita berecana dan sudah di sepakati kerjasama denga berbagai pihak (BPS BIPIHyang terdiri dari dari Bank Nagari Syari’ah, Bank Mu’amalat dan Bank Syari’ah Indonesia  program BERSAHAJA (Bersama Edukasi Rahasia Haji dan Manasik Masa Pandemi),” kata Kakan Kemenag lagi.


Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Tri Andriani  menyampaikan terimakasih kepada Direktur  dan rombongan atas pencerahan dan motivasi yang di berikan.  


“Kami sangat berterima kasih atas apresiasi dan motivasi bapak Bina Haji Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementetian Agama RI dalam mengelola Penyelenggaan Haji dan Umrah di Kota  Bukittinggi. Kami sangat bangga  dan bahagia dapat pencerahan lagsung dari Dirjen Bina Haji bapak Khoirizi, sosok ayah yang kharismatik yang memberikan motivasi agar selalu ikhlas dalam melayani dhuyufurrahman (calon tamu Allah). Terimaksih juga untuk pak kabid, bapak kasi Bidang PHU atas kesempatan ini. Barakallahufikum,” tutur kasi PHU Bukittinggi ini. (Sy/014)

Posting Komentar

0 Komentar