Arab Saudi Longgarkan Prokes, Copot Stiker Pembatas Shaf Sholat di Masjidil Haram

IMPIANNEWS.COM

Arab Saudi - Kelonggaran protokol kesehatan di Arab Saudi telah diterapkan oleh pemerintah setempat. Salah satunya di Masjidil Haram, stiker pembatas shaf sholat telah dicopot, Minggu (17/10/2021).

Pemerintah Arab Saudi pada Jumat lalu mengumumkan pelonggaran pembatasan mulai 17 Oktober setelah kondisi Covid 19 membaik. Selain Masjidil Haram, pemberlakuan yang sama juga diterapkan di Masjid Nabawi, Madinah. Pada Sabtu malam, para pekerja melepas stiker posisi sholat, menandai berakhirnya aturan jarak 1 sampai 2 meter di antara jemaah yang diberlakukan sejak tahun lalu.

Dalam video yang beredar, terlihat para petugas yang memakai baju hijau mencopot satu persatu pembatas shaf solat yang bergambar telapak kaki berwarna hijau. Oleh karena itu, pencopotan gambar kaki ini merupakan bentuk menuju normalisasi serta agar dalam pelaksanaan sholat seperti yang telah dianjurkan untuk merapatkan shaf. 

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan akan mulai melonggarkan pembatasan Covid-19 pada Ahad (17/10). Pelonggaran ini memungkinkan pertemuan dan mencabut beberapa mandat masker bagi mereka yang telah menerima kedua dosis vaksin Covid-19.

"Masker di ruang terbuka tidak lagi wajib untuk orang yang divaksinasi penuh. Masyarakat harus tetap memakainya di ruang tertutup dan area yang tidak dipantau oleh aplikasi pelacakan Tawakkalna,"Ucap Kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang dilansir di Al Arabiya, Jumat (15/10).

Posting Komentar

0 Komentar