Obat Suatu Penyakit Dalam Perspektif Islam

IMPIANNEWS.COM

Sebagian orang tentu pernah mengalami rasa sakit. Penyakit yang diderita dapat diobati secara medis. Namun, dalam Islam juga ada metode penyembuhan dengan cara mendoakan pada orang yang sakit akibat dari 'ain (mata hasad), sihir, rasa sakit, gila, sengatan hewan, kerasukan dan gangguan jin atau sering dikenal dengan sebutan Ruqyah.

Rasulullah menganjurkan dalam menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan cara sering mengkonsumsi madu, jahe, habba sauda, kurma, dan minyak zaitun. Selain mengkonsumsi itu, cara praktek berobatnya dapat menggunakan metode ruqyah.

Metode ruqyah ini merupakan upaya untuk mendapatkan kesembuhan dengan cara melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an kepada orang yang sedang mengalami rasa sakit. 

Salah satu lantunan ayat suci Al-Qur'an yang dapat digunakan dalam ruqyah yang insha Allah atas seizin Allah dengan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an ini, dapat memberikan kesembuhan dari berbagai penyakit.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam QS. Al-Isra ayat 82:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian".

Tak diragukan lagi, ayat suci Al-Qur'an dapat menjadi obat dari berbagai macam penyakit atas seizin Allah. Maka metode penyembuhan ruqyah ini dapat dikatakan manjur karena melantunkan ayat suci Al-Qur'an dan disertai memohon kepada Allah agar diberikan kesembuhan kepada orang yang didoakan atau yang sedang sakit.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wassalam bersabda," Tidak ada salahnya (melakukan) ruqyah, selama tidak mengandung syirik." (HR Muslim).


Posting Komentar

0 Komentar