Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP Laksanakan Konferensi TEFLIN ke-67 dan ICOELT ke-9

 

Impiannews.com

Padang - Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Konferensi Internasional TEFLIN ke-67 dan ICOELT ke-9 yang dilaksanakan pada tanggal 9-11 September 2021. Konferensi internasional yang digelar secara virtual ini menghadirkan para peneliti, dosen, dan praktisi  pengajaran bahasa Inggris dari berbagai institusi dalam dan luar negeri. Konferensi Internasional ini dibuka secara langsung oleh Prof. Ganefri, Ph.D., Rektor Universitas Negeri Padang. 

Dalam sambutannya ketika membuka Konferensi Internasional ini, Prof. Ganefri, Ph.D., Rektor Universitas Negeri Padang menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemakalah utama yang berkenan dalam Konferensi TEFLIN ke-67 dan ICOELT ke-9 ini. 

Prof. Ganefri, Ph.D. berharap konferensi ini memberikan sumbangan dalam pembelajaran bahasa Inggris ditengah Pandemi Covid-19 ini. Rektor Juga berpesan agar tetap mematuhi protokol Covid-19. 

Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana Konferensi Internasional TEFLIN ke-67 dan ICOELT ke-9,

Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. dalam laporannya menyampaikan bahwa tema yang dibahas adalah “English Language Teaching and Learning beyond the Border: Humanity, Innovation, Technology, and Communication”. 

"Konferensi ini menghadirkan 13 pembicara utama dari berbagai Negara antara lain: Prof. Beverly Derewianka dari the University of Wollongong, Australia; Prof Jihyeon Jeon dari Ewha Woman’s University, Seoul. Korea Selatan, Dr. Bradley Horn dari the Regional English Language Office (RELO); Prof. Jirada Wudthayagorn dari Chulalongkorn University, Thailand, Prof. Dr. Joko Nurkamto dari Universitas Sebelas Maret yang juga merupakan President TEFLIN; Prof. Susan Gaer, dari Santa Ana College; Dr. Willy A Renandya dari National Institute of Education, Singapura; Prof. Dra. Yenni Rozimela, M.Ed., Ph.D. dari FBS Universitas Negeri Padang, Indonesia; Dr. A. Gumawang Jati, M.A. dari ITB Bandung, Indonesia; Prof. Suwarsih Madya dari Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia; Prof. Ali Saukah dari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur; Colm Downes Direktur British Council Indonesia; Subhan Zein, Ph.D, dari the University of Queensland, Australia," jelas Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. 

Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. juga melaporkan bahwa dalam Konferensi Internasional TEFLIN ke-67 dan ICOELT ke-9 ini juga menghadirkan 12 pembicara unggulan dan 180 pemakalah paralel, serta 307 peserta yang berasal dari 15 negara di dunia. 

Pada kesempatan itu, Presiden TEFLIN Indonesia, Prof. Dr. Joko Nurkamto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor Universitas Negeri Padang, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, dan Ketua Jurusan Bahasa Inggris yang telah menjadi tuan rumah konferensi internasional TEFLIN ke-67 ini. 

Prof. Dr. Joko Nurkamto berharap Konferensi Internasional TEFLIN ini dapat memberikan solusi dalam bentuk ide inovatif dan referensi praktis dalam pengajaran bahasa Inggris di masa pandemi dengan memanfaatkan teknologi. "Hal ini merupakan tantangan bagi kita," ujarnya. 

Konferensi Internasional TEFLIN ke-67 ini merupakan konferensi kebanggaan bagi para peneliti, dosen, guru bahasa Inggris merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan secara bergiliran di berbagai universitas di Indonesia. Universitas Negeri Padang sebelumnya pernah menjadi tuan rumah TEFLIN ke-39 pada tahun 1993 yakni 28 tahun lalu pada masa IKIP Padang. (ET/HA/Humas UNP).

Post a Comment

0 Comments