IELTS On Computer Test Point Pertama di Sumatera Ada di Universitas Negeri Padang

 

Impiannews.com

Padang—Sabtu, 25 September 2021, UPT Bahasa UNP telah melaksanakan First Launching IELTS on Computer (ujian IELTS dengan menggunakan komputer) hasil kerja sama UPT. Bahasa Universitas Negeri Padang dengan British Council Indonesia Foundation.

Kerjasama UPT Bahasa dengan British Council Indonesia Foundation telah dilakukan sejak lama yaitu dari akhir tahun 2018 yakni dalam pelaksanaan IELTS on Paper. Namun, selama pandemi Covid-19 memasuki Indonesia, pelaksanaan IELTS on Paper terpaksa dihentikan oleh UPT Bahasa dan British Council Indonesia Foundation di sepanjang tahun 2020. 

Mengingat tingginya kebutuhan IELTS bagi civitas academic UNP dan masyarakat umum Provinsi Sumatera Barat dan sekitarnya, pada pertengahan tahun 2020 UPT Bahasa UNP akhirnya memutuskan untuk kembali bekerjasama dengan British Council Indonesia Foundation dalam pelaksanaan IELTS berbasis Komputer atau yang disebut juga IELTS on Computer. Setelah berbagai macam persiapan yang dilakukan dan segala rintangan, Kepala UPT Bahasa dan tim kembali percaya diri untuk menjadi IELTS Test Point dan Registration Center.

Melalui diskusi dan pengisian sejumlah dokumen, British Council Indonesia Foundation mengabulkan proposal UPT Bahasa menjadi Test Point untuk IELTS ON COMPUTERyang pertama kalinya yang ada di kota Padang dan  hanya satu- satunya di Pulau Sumatera. Sebelum ini Tes IELTS berbasis komputer hanya baru ada di 3 kota di Indonesia, yakni Jakarta ,Yogyakarta, dan Surabaya. Maka Padang, yaitu di UPT Bahasa UNP, adalah kota atau Test Point ke-4 di Indonesia.

IELTS on Computer perdana di UPT Bahasa UNP diikuti sebanyak 5 orang peserta. Salah satu peserta adalah Fitra Arya Dwi Nugraha, S. Si., M. Si dari Fakultas Matematika dan IPA yang mendapatkan beasiswa studi lanjut ke jenjang doktor yang disponsori oleh Kemdikbud dan Pemerintah Austria.

IELTS on Computer dilaksanakan dari pukul 08.00 pagi yang dimulai dengan tahap Registrasi Ulang, Pengambilan Foto, dan Sidik Jari. Ujian tertulis yang terdiri dari Listening, Reading, dan Writing dimulai tepat pada pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 12.45. Sementara ujian Speaking dimulai pada pukul 13.30 yang dilaksanakan diruangan khusus speaking yang telah didesain bersama dengan tim perlengkapan UNP sesuai dengan standar Regional British Council yang berada di UK. 

Sebelum pelaksanaan tes pada 25 September 2021, pada tanggal 23-24 September telah dilakukan Mock Test (tes uji coba) yang melibatkan sejumlah alumni dan mahasiswa UNP sebagai peserta tes. Mock Test ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang mungkin dapat terjadi pada hari pelaksanaan tes. Kendala-kendala yang ditemukan dapat berupa gangguan teknis pada sistem registrasi IAM dan sidik jari serta pada saat video call speaking yang menggunakan aplikasi zoom. Sehingga pada saat hari tes, kendala-kendala tersebut tidak akan terjadi dan tidak menganggu kelancaran tes nantinya.

Selama pelaksanaan IELTS on Computer seluruh staff UPT Bahasa dilibatkan dan dibantu oleh seorang staf dari Unit PTIK UNP. Formasi tim terdiri dari Sitti Fatimah sebagai Supervisor, Ilhami Afnar Hijriah sebagai Invigilator dan Video Call Speaking test, Indah Fachriyani sebagai Registrasi Photo Taking dan Test Administrator, Jannet Aurora sebagai Marshall dan Person in Charge selama ujian berlangsung dan berkomunikasi dengan tim British Council Indonesia Foundation serta Andri Eka Putra sebagai teknisi dari PTIK yang menghandle semua peralatan dan permasalahan teknis di Labor UPT Bahasa UNP sebelum, selama dan sesudah ujian berlangsung.   

“Bi izdnillah dan alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya lah semua langkah dari awal sampai akhir sesi tes berjalan dengan lancar dan sukses. Kami mendapatkan respon positif dari peserta dimana mereka sangat antusias dengan IELTS on Computer ini. Selain itu, test ini jauh lebih nyaman efisien dan mudah dalam menggunakannya. Karena ini akan mendorong lainnya untuk selanjutnya mengambil tes IELTS on Computer di UPT Bahasa UNP,” ungkap Kepala UPT Bahasa UNP, Sitti Fatimah, S.S., M.Ed., Ph.D.

Kepala UPT Bahasa UNP ketika ditemui tim humas di Gedung IT, Gedung Bagonjong menyampaikan terimakasih kepada Pimpinan UNP, khususnya kepada Rektor, Wakil Rektor 1 dan Wakil Rektor II UNP yang telah mendukung kami sehingga IELTS on Computer dapat diwujudkan dalam waktu kurang dari 1 tahun. Selanjutnya kepada Unit Perlengkapan UNP dan Rekanan UNP yang telah membantu dalam pengadaan barang-barang, ruang dan desain sesuai standar British Council Indonesia Foundation. Kemudian kepada Unit Humas UNP yang telah membantu dalam menyebarkan informasi ini. Terakhir, kepada seluruh Exam Team British Council Indonesia Foundation yang selalu siap dihubungi kapan saja serta memberikan seluruh dukungan dan kepercayaan kepada UPT Bahasa UNP untuk pelaksanaan IELTS on Computer ini. 

Kami berharap kedepannya akan banyak masyarakat umum yang akan menggunakan jasa UPT Bahasa UNP dan kami akan selalu mencoba memberikan pelayanan terbaik bagi memudahkan kebutuhan civitas academica UNP maupun masyarakat umum. (UPT.Bahasa UNP/Humas UNP)

Posting Komentar

0 Komentar