Pokjaluh Kemenag Bukittinggi Terus Berbenah

.

IMPIANNEWS.COM 

Bukittinggi, --- Dalam rangka pendalaman materi dan peningkatan kemampuan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai Penyuluh Agama Islam di Masyarakat, Penyuluh Agama Islam Kanor Kementerian Agama Kota Bukittinggi tidak membiarkanwaktu berlalu begitu saja tanpa adanya manfaat dari setiap pertemuan rutin. 

Beranjak dari itu Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menyusun jadwal pertemuan Pokjaluh dengan berbagai kegiatan yang dapat memberikan kontribusi terhadap keorganisasian Pokjaluh sendiri begitupun bagi anggota secara pribadi. Pengurus Pokjaluh Bukittinggi menyepakati pertemuan rutin sekali seminggu diisi dengan agenda peningkatan pemahaman terhadap materi bimbingan penyuluhan. Hal ini juga di sepakati untuk materi ini di isi langsung oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional sendiri sesuai dengan kompetensi yang di miliki masing masing. Seperti materi fikih, ibadah, akhlak, Tahsin Qur'an, dll.

Senin 24 Mei 2021, pertemuan Pokjaluh di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi diisi dengan pendalaman materi Bimbingan Penyuluhan terkait dengan Ibadah ( Shalat berjamaah) oleh H. Azerul, S.Ag.  

Ketua Pokjaluh Kementerian Agama Kota Bukittinggi Rusman Edi mengatakan “Forum yang bermuatan Fokus Grup Diskusi( FGD ) tersebut  berjalan alot dan hangat sebagai pertanda materi ini sangat di butuhkan oleh anggota Pokjaluh dan masyarakat/ jamaa’h  di lokasi binaan masing-masing. Pertanyaan demi pertanyaan di disamapikan kepada nara sumber yang juga berangkat dari pertanyaan jamaah di lokasi binaan masing-masing,” tuturnya.

Perjalanan diskusi ini menghabiskan waktu pertemuan yang di jadwalkan 120 menit. Rusman Edi selaku Ketua Pokjaluh merasa puas dan senang terhadap perjalanan diskusi ini. Rusman berharap semoga kegiatan ini bermanfaat ke depannya terutama dalam peningkatan kompetensi profesional penyuluh.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Bukittinggi melalui Kasi Bimas Islam H. Zulfakhri ketika di hubungi via telpon seluler menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas inisiatif  Pokjaluh Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi yang mengisi pertemuan rutin dengan hal-hal yang sarat manfaat.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada pokjaluh Kementerian Agama Kota Bukittinggi yang selalu memanfaatkan waktu untuk peningkatan pemahaman dan penguasaan materi terkait peran, tugas dan fungsi masing-masing.  Setidaknya ada tiga fungsi Penyuluh Agama Islam yang harus di pahami yaitu fungsi edukatif, konsultatif dan fungsi advokatif. Fungsi edukatif adalah bagaimana memberikan dakwah tentang Islam, dengan strategi dan managemen se efektif mungkin yang orientasinya menambah ilmu dan wawasan umat. Masyarakat mempunyai fiqh dan madzhab yang berbeda, oleh karena itu seorang penyuluh harus mempunyai penguasaan terhadap muqaranatul Madzahib, Fungsi konsultatif dimana para Penyuluh harus mampu memberikan jawaban terhadap persoalan umat atas keraguan dan Fungsi Advokatif, memberikan pendampingan kepada masyarakat terhadap problematika sosial ekonomi yang dihadapi,” tuturnya.

Tidak lupa Kasi Bimas Islam yang enerjik ini mengingatkan anggota Pokjaluh Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi agar selalu memperhatikan protokol kesehatan penangan Covid-19 serta mensosialisasikan di lokasi Binaan masing-masing. (014)

Posting Komentar

0 Komentar