Jelang Lebaran Agar Kasus Covid-19 Tak Meningkat, Wako Padang Imbau Tingkatkan Pengawasan

IMPIANNEWS.COM

PADANG - Wali Kota Padang Hendri Septa beserta jajaran menyatakan siap menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo sekaitan penanganan pandemi Covid-19. 

Sebagaimana Presiden Jokowi saat ini menekankan masing-masing pemerintah daerah se-Indonesia untuk meningkatkan kehati-hatian dalam penanganan virus corona tersebut.

"Pak Presiden telah mengimbau kita dan juga daerah lainnya se-Indonesia bagaimana meningkatkan antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 ini. Sebab, kalau kita di daerah tidak serius, maka akan terjadi peningkatan penyebarannya yang berakibat fatal bagi negara Indonesia secara keseluruhan," ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa kepada wartawan di kediaman resminya usai mengikuti Rapat Kooordinasi (Rakor) Kepala Daerah se-Indonesia secara virtual yang dibuka secara resmi Presiden Joko Widodo, Rabu siang (28/4/2021).

Hendri menyebut, Pemerintah Kota Padang juga menanggapi permintaan dan arahan Presiden yang meminta seluruh kepala daerah berhati-hati dan waspada dalam menyikapi persoalan mudik pada  Lebaran 1442 H/2021 M. 

"Kita di Kota Padang akan menyiapkan segala hal. Dimana saat ini kita sudah melakukan pengawasan pelaksanaan Pesantren Ramadan di tiap-tiap masjid dan musala di Kota Padang. Alhamdulillah setiap pemerintah kecamatan bersama unsur Forkopimca telah melakukan pengawasan secara baik sejauh ini," cetusnya.

Wali kota muda itu mengungkapkan ke depan pihaknya bersama seluruh camat akan melakukan rapat koordinasi untuk persiapan jelang dan paska Lebaran. 

"Insya Allah untuk upaya ini kita akan didukung oleh Kongsi Covid-19 yang ada di tiap RW atau kelurahan di Kota Padang," ungkapnya.

Di sisi lain Wako menyebut, persoalan pemulihan ekonomi juga diarahkan Presiden pada saat ini. Dimana untuk di Kota Padang, meski masih dilanda wabah Covid-19 namun Pemko Padang tetap berupaya menggeliatkan ekonomi masyarakat. 

"Kita berharap, meski sudah ada larangan dari Pemerintah Pusat bagi warga dari Pulau Jawa untuk masuk ke Pulau Sumatera atau yang berada di Rantau ke kampung kelahirannya, minimal bagi yang berada di dalam provinsi Sumbar masih bisa melakukan mudik atau kunjungan di hari Lebaran."

"Hal ini semoga juga berdampak terhadap peningkatan ekonomi di Sumbar khususnya bagi kita di Kota Padang. Insya Allah selama Lebaran untuk sektor pariwisata kita di Kota Padang tetap akan dibuka, sesuai arahan Presiden yang boleh mengunjunginya hanya penduduk lokal yang ada di dalam provinsi tersebut. Untuk ini kita akan siapkan betul bagaimana proseduralnya agar semuanya tetap menjaga protokol kesehatan. Yang penting sesuai arahan bapak Presiden meski di tengah pandemi, ekonomi kita harus tetap menggeliat," pungkas Wako mengakhiri.(David)

Post a Comment

0 Comments