Penyusunan RKPD 2022, Sekda Amasrul; Usulan Program Harus Lebih Terukur

 

IMPIANNEWS.COM

PADANG - Pemerintah Kota Padang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang menggelar forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka penyusunan Rancangan Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2022.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul yang berlangsung di Ruang Bagindo Aziz Chan, Balaikota, Aie Pacah, Senin (8/3/2021).

Turut hadir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal, Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi, Kepala Bappeda Media Iswandi, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Hermen Peri, dan pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang. 

Sekda Amasrul dalam sambutan dan arahannya menjelaskan, forum OPD merupakan salah rangkaian dalam penyusunan dokumen RKPD dan dokumen Rencana Kerja Pembangunan Tahunan Perangkat Daerah atau disingkat Renja perangkat daerah untuk periode 2022.

Dalam forum ini setiap usulan masyarakat di sebelas kecamatan di Kota Padang pada Musrenbang lalu akan dibahas bersama bersama OPD terkait untuk diakomodir dalam Renja OPD 2022. 

"Tahun 2022 merupakan tahun ke-3 dalam periode pembangunan jangka menengah Kota Padang, dengan demikian pembangunan yang akan kita rencanakan di tahun tersebut haruslah merefleksikan visi misi Wali Kota terpilih," ujar Sekda. 

Sekda menambahkan, setiap usulan  program dan kegiatan di 2022 dipastikan harus lebih terukur dalam memberikan dorongan pada capaian kinerja utama Pemerintah Kota Padang. Hal ini juga perwujudan tekad Pemko Padang untuk memperoleh Nilai Sakip A. 

"Oleh sebab itu sinergi antar perangkat daerah akan lebih diperhatikan guna pencapaian sasaran kinerja pemerintah Kota Padang dari 9 program yang sudah disepekati pada saat konsultasi publik Ranwal RKPD tahun 2020 pada Febuari lalu.

Sembilan prioritas pembangunan Kota Padang yakni; peningkatan dan pengembangan kualitas sistem pendidikan, peningkatan dan penataan infrastruktur, peningkatan penataan ruang dan pembangunan kawasan pemukiman, pembangunan ekonomi, pengembangan industri pariwisata, optimalisasi mitigasi bencana, peningkatan tata kelola pemerintahan dan peningkatan iklim investasi," sebut Amasrul. 

untuk itu, sambung Sekda, seluruh perangkat daerah harus menetapkan target setiap program kegiatan dan sub kegiatan yang akan direncanakan untuk dilaksanakan pada 2022. Sehingga yang direncanakan tersebut tidak ada yang tidak berhubungan dengan pencapaian visi misi Kota Padang sebagai Kota yang madani berbasis pendidikan, perdagangan, dan pariwisata unggul serta berdaya saing. 

"Harapan saya kepada kita semua yang hadir agar dapat mengikuti rangkaian rapat kerja ini sampai selesai sebagai bentuk upaya kita semua untuk meningkatkan komitmen dan saling bersinergi untuk pencapaian target pembangunan Kota Padang," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Padang Medi Iswandi menerangkan, maksud dan tujuan dilaksanakannya forum OPD yakni sebagai pedoman penyusunan rencana pembangunan daerah agar lebih terarah, tepat sasaran, tepat waktu dan sinergis antar sektor dan wilayah. Termasuk sebagai pedoman bagi penyelenggaraan Forum OPD di lingkungan Pemko Padang."Kita harapkan peserta dapat mengetahui mekanisme pelaksanaan forum OPD, serta forum ini dapat terarah sesuai ketentuan," ucapnya. (Mul/Prokompim Pdg).

Posting Komentar

0 Komentar