Kenalkan Potensi Daerah, Warga Kapalo Koto Ampangan Gelar Funbike


IMPIANNEWS.COM 

Lepas Funbike Gadih Angik, Wawako Erwin Yunaz Ajak Warga Untuk Jaga Dan Hidupkan Kembali Pariwisata

Payakumbuh — Memperkenalkan potensi wisata di wilayah Kapalo Koto Ampangan, LPM bersama Karang Taruna gelar kegiatan Fun Bike Gadih Angik yang turut dimeriahkan oleh Wakil Walikota Erwin Yunaz, anggota DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Camat Agus Rubiono bersama Sekretaris Camat Selatan Diki Engla, serta tokoh masyarakat Kapalo Koto Ampangan, Minggu (28/3/2021).


Tidak hanya dari pesepeda dari Payakumbuh saja, Fun Bike Gadih Angik juga dimeriahkan oleh pesepeda dari Limapuluh Kota, Pariaman serta Bukittinggi.


Dengan mengawali dalam menyerukan “salam olahraga” kepada semua yang hadir di objek wisata panorama ampangan tersebut, wakil walikota Erwin Yunaz mengajak seluruh warga sekitar Kapalo Koto Ampangan agar dapat membuat objek wisata panorama ampangan tersebut kembali menggeliat seperti sediakala.


“Dibalik untuk tujuan wisatanya, kegitan fun bike ini tentu sangat menyehatkan bagi kita semua, dimana dengan bersepeda kita dapat menikmati alam yang indah seperti di panorama Ampangan ini”, ujarnya.



Lebih lanjut, Wawako tersebut juga kembali mengajak kepada seluruh warga agar dapat menjaga fasilitas yang sudah diberikan oleh Pemko.


“Mari kita jaga dan tingkatkan inovasi kreatifitas sedemikian rupa, sehingga fasilitas yang ada ini dapat menjadi lebih indah lagi. Dan juga bagaimana tentunya fasilitas ini harus selalu kita gunakan dan jaga sebaik mungkin agar fasilitas ini tidak habis dimakan waktu”, ajak Erwin kepada seluruh warga dan peserta Fun Bike Gadih Angik.


Turut juga disampaikan Wakil Walikota tersebut bahwa saat ini kondisi ekonomi kota Payakumbuh sudah sangat baik dalam menghadapi masa pandemi covid-19, dimana jika dibandingkan dengan daerah lain kota Payakumbuh memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dan ini harus selalu kita tingkatkan agar penyetaraan ekonomi bagi warga kota Payakumbuh dapat dirasakan semuanya”, ungkapnya.


Selain Wakil Walikota, Anggota DPRD YB. Dt. Parmato Alam juga turut memberikan sambutan dalam kegiatan Funbike Gadih Angik yang diprakarsai oleh LPM Kapalo Koto Ampangan.


Dt. Parmato Alam menyampaikan bahwa kegitan funbike ini dapat menjadi momentum yang mempunyai nilai strategis dalam usaha pemerintah kota dalam mengembangkan sektor wisata terutama untuk objek wisata panorama ampangan ini.


“Ini tentu menjadi titik balik bagi pemerintah kota untuk memajukan pariwisata kita, dan dengan majunya pariwisata kita tentu akan berdampak dan dapat dirasakan langsung oleh warga kita. Dan saya yakin pemerintah kota melalui Wawako tentu memiliki rencana-rencana yang strategis untuk memajukan dan menggenjot lagi pariwisata yang ada saat ini”, ujar mantan ketua DPRD Payakumbuh itu.


Dibalik nama kegiatan Funbike Gadih Angik, Dt. Parmato Alam bercerita sedikit tentang awal mula nama tersebut diberikan.


“Gadih angik penamaan salah satu wilayah di kelurahan kapalo koto ampangan oleh orang tuo dahulu dimana dimasa dahulu ada anak gadis yang meninggal karna mengalami musibah terbakar, yang mana tepat lokasinya berada di jalan Tuanku Lareh yang merupakan areal pertanian dengan pemandangan yang sangat indah. Dimana pada titik tersebut saat cuaca cerah akan nampak pemandangan kota Payakumbuh dengan jelas dari posisi ketinggian, dan bisa dikatakan kita dapat melihat seluruh kota Payakumbuh dari titik tersebut”, ungkapnya.


Sementara itu, lurah Kapalo Koto Ampangan Bima Rahmon juga turut menyampaikan bahwa kegiatan Funbike Gadih Angik bertujuan untuk meningkatkan usaha serta menambah peluang usaha bagi masyarakat setempat untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. 


“Salah satu sektor yang bisa dimanfaatkan adalah keindahan alam untuk wisata keluarga. 


Serta, menurut Bina dalam kegitan funbike ini kelurahan cuma memberikan dukungan, pembinaan dan melakukan pengawasan dalam proses serta pelaksanaan kegiatan bersama babinkamtibmas dan Babinsa.


“Kami mengharapkan ini bisa menjadi kegiatan positif bagi generasi muda dan dapat menciptakan peluang yang lebih baik ke depannya”, harap lurah Kapalo Koto Ampangan tersebut.


Dan untuk rute yang akan dilalui peserta yang berjumlah ratusan tersebut akan dimulai dari simpang sawah Padang, lanjut belok kanan ke jalan tuanku lareh, naik terus melalui daerah Padang Solok, kemudian chek poin di Gadih Angik, terus lanjut naik dan belok kiri ke jalan cocon, lalu belok kanan naik menuju Panorama Ampangan.(014)

Posting Komentar

0 Komentar