Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Tumbangkan 23 Pohon Kalaksa BPBD Barlius: 21 Pohon Telah Diangkut dan Dibersihkan



IMPIANNEWS.COM

PADANG - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Padang kemarin siang, Selasa 2 Maret 2021 mengakibatkan puluhan pohon tumbang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mencatat terdapat 23 pohon tumbang yang tersebar di beberapa lokasi di Kota Padang. Jenis pohon yang tumbang diantaranya pohon Kedondong dan pohon Mahoni.

"Ada 23 pohon tumbang sampai malam kemarin diantaranya terjadi di Kecamatan Padang Selatan, Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara, Lubuk Kilangan, Nanggalo, Lubuk Begalung RSUD Air Pacah," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Padang Barlius, Rabu (3/3/2021). 

Barlius menambahkan, Kondisi pohon yang tumbang tersebut ada yang jatuh ke jalan, menimpa atap rumah warga, warung, pagar dan mobil. Dari kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material. 

"Dalam penanganan bencana ini kita menurunkan 3 Tim Reaksi Cepat (TRC) yang berjumlah 21 orang dibagi kedalam 4 regu. Dari 23 pohon tumbang tersebut 21 telah selesai diangkut dan dibersihkan. Kita juga ucapkan terima kasih kepada warga sekitar yang ikut membantu TRC," sambungnya. 

Ia melanjutkan, faktor penyebab pohon tumbang selain angin kencang dan hujan deras juga disebabkan kondisi pohon yang sudah tua. "Faktor lainnya adalah fenomena La Nina medio Oktober 2020 sampai April 2021. Khusus untuk Maret ini BMKG memprediksi akan terjadi hujan deras. Bencana ikutan adalah longsor, pohon tumbang dan banjir. Untuk itu kita menghimbau kepada warga Kota Padang yang ingin berpergian agar berhati-hati. Jika tidak ada kepentingan yang mendesak maka disarankan untuk dirumah," pungkasnya. (Mul/Prokompim Pdg).

Posting Komentar

0 Komentar