Raudahtul Jannah Peduli Umat

 

IMPIANNEWS.COM

Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh (YPI RJ) meluncurkan program peduli umat. Program ini merupakan bentuk kepedulian YPI RJ dengan masyarakat dan lingkungan sekitar. Di tengah krisis yang mengguncang dunia ditambah lagi bencana-bencana yang menerpa Indonesia akhir-akhir ini, seakan menjadi energi baru bagi YPI RJ untuk berkontribusi secara utuh dan solutif di tengah-tengah permasalahan umat yang semakin pelik.

Program-program strategis telah dirancang dengan matang oleh Yayasan yang bermarkas di Koto Baru, Balai Janggo kota Payakumbuh ini. Dan bahkan beberapa program telah diluncurkan sejak kamis lalu (28/01), diantaranya berkontibusinya YPI RJ dalam membina pengokohan keislaman warga binaan lembaga permasyarakatan (Lapas) kelas II B kota Payakumbuh. 

“Kita ambil bagian dalam perbaikan umat. Kami melihat ada ruang-ruang kosong yang mesti diisi. Salah satunya pembinaan warga lapas. Kita sedih dengan maraknya kriminalitas yang terjadi di Payakumbuh, secara umumnya Indonesia. Yang lebih membuat miris seringkali pelaku-pelakunya adalah orang yang residivis. Setelah didalami sebab pelaku kejahatan melakukan aksinya, disamping iman yang naik turun, adalah wawasan keislaman yang bisa dikatakan minim. Karena itu, kita coba masuk melalui nasihat dan penambahan ilmu keislaman. Ujar Ersis Warman, Wakil Pengurus YPI RJ. 

Dalam pembinaan itu, YPI RJ memberikan ilmu-ilmu agama mulai dari yang berbentuk ibadah mahdhah; shalat, puasa. Maupun ibadah ghairu mahdah. Seperti muamalah. Ditambah motivasi dan nasihat keislaman.

Selain program itu, pada jum’at (29/01) YPI RJ melakukan kegiatan silaturahmi sekaligus menjalin kerja sama serta memberi bantuan kepada Yayasan panti jompo jasa ibu, Situjuah Batua, kabupaten Lima Puluhkota. 

Adapun kegiatan-kegiatan lain yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini adalah, program pembinaan dan kerjasama bagi panti penampung tuna susila, rumah sakit jiwa, panti asuhan, penjara anak, dan berbagai institusi sosial lainnya.

InsyaAllah YPI RJ akan terus berbuat dan peduli kepada umat. Mudah-mudahan dengan segala hal yang dilakukan ini menjadi ikhtiar dalam membangun kehidupan yang madani di bumi Minangkabau atuapun Indonesia secara umum. 

Sementara itu Ka Biro Keislaman YPI RJ Panji Anugerah menyampaikan, bahwa program ini merupakan langkah-langkah strategis yang akan ditempuh dalam mengabdikan diri kepada umat. YPI RJ itu bukan hanya sebatas lembaga pendidikan, melainkan juga sebuah lembaga dakwah dan sosial. Karena itu kita mesti turun ke masyarakat, berkolaborasi dengan institusi terkait, agar kebaikan meluas dan beranak pinak. Agar kejahatan terbenam, ungkapnya.    

Selain program-progam yang disebutkan di atas, YPI RJ selalu aktif dalam berpartisipasi dengan program-program kemanusiaan. Seperti menyalurkan donasi kepada daerah yang terkena musibah, kepada masyarakat-masyarakat yang membutuhkan serta berkerjasama dengan pelaku-pelaku kemanusiaan lainnya. Seperti RJ Peduli dan RJ Berbagi. 


Posting Komentar

0 Komentar