Penyuluh Agama Punya Peran Penting Merajut Ukhuwah

H. Kasmir sampaikan pesan penting 

IMPIANNEWS.COM 

Bukittinggi, --- Kakan Kemenag Kota Bukittinggi  H. Kasmir didampingi Kasi Bimas Islam H. Zulfakhri membuka secara resmi kegiatan Pengarusutamàan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan  yang diikuti 37 orang Penyuluh Agama Islam Non PNS dan Penyuluh Agama Islam Fungsional di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Senin (22/02/2021) bertempat di Aula MUI Kota Bukittinggi. 

Dalam kegiatan yang menghadirkan Narasumber  Kepala Kesbangpol Kota Bukittinggi, Dekan Fakultas Hukum Muhammadiyah Sumatera Barat Bukittinggi dan Pimpinan Mah’ad Aly Parabaek Ustadz Ilham tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi  H. Kasmir menyampaikan  menyampaikan bahwa  Penyuluh Agama Islam Non PNS maupun Penyuluh Agama Islam Fungsional mempunyai peran strategis  dalam membina sekaligus menyampaikan berbagai informasi terkait  kebijakan Pemerintah kepada masyarakat. 

“Penyuluh bukan hanya memiliki program penyuluhan yang rutin saja, namun  juga memiliki kemampuan untuk mengajak dan membimbing masyarakat agar dapat menerima informasi serta Ilmu Pengetahuan Agama sehingga dapat terajut Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah serta Ukhuwah Insaniyah di tengah masyarakat. Bukan  malah sebaliknya, memberikan informasi-informasi yang dapat menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat. Ekstremisme, Radikalisme, ujaran kebencian (Hate Speech) dan retaknya hubungan antar umat beragama  merupakan problem yang sering dihadapi oleh Bangsa Indonesia  sehingga muncul program Pengarusutamaan Moderasi Beragama ini dinilai sangat penting menangkal semuanya itu.” jelasnya.

Sementara itu Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukitingi H. Zulfakhri mengharapakan dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan pemahaman bagi para Penyuluh Agama Islam Non PNS dan Fungsional di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi terkait pentingnya gerakan moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Semoga para penyuluh Agama Islam bisa melaksanakan tugasnya dalam memberikan penerangan dan pencerahan pada masyarakat terutama terkait dengan pengarusutamaan moderasi beragama dan wawasan kebangsaan khususnya di Kota Bukittinggi,” harapnya.(014)

Posting Komentar

0 Komentar