Ini Pesan Kepala Kankemenag Kota Bukittinggi untuk PAIF

H. Kasmir

IMPIANNEWS.COM
 

Bukittinggi, --- Kakan Kemenag Kota Bukittinggi H. Kasmir didampingi Kasi Bimas Islam H. Zulfakhri memberikan pembinaan terhadap Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Senin (15/02) di Aula Kantor Kemenag setempat.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Kasmir menyampaikan apresiasi para Penyuluh Agama Islam Fungsional di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dalam melaksanakan tugas kepenyuluhan sehingga keberadaanya bisa dirasakan di tengah-tengah masyarakat.

“Alhamdulillah keberadaan Penyuluh Agama Islam di Kota Bukittinggi ikut mewarnai masyarakat dalam memberikan pembinaan, penyuluhan dan tempat bertanya terkait keagamaan seperti bimbingan baca Al-Qur’an, Bimbingan Tata Cara Beribadah yang benar serta tempat bertanya dalam berbagi hal keagamaan. Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi sudah masuk keberbagai lapisan masyarakat, hal ini hendaknya terus di kembangkan sehingga keberadaanya betul-betul membumi di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi,” harapnya

Selanjutnya H. Kasmir mengatakan Penyuluh Agama Islam memiliki fungsi sebagai Informatif dan Edukatif dengan memposisikan dirinya sebagai sumber informasi dan sumber pembelajaran dengan menyampaikan penerangan agama dan mendidik masyarakat sebaik-baiknya sesuai dengan tuntunan Al- Qur’an, dan Sunnah, Fungsi Konsultatif yang memposisikan dirinya sebagai tempat konsultasi dari setiap permasalahan dan pesoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat, terutama dalam hal kegiatan keagamaan serta Fungsi Advokatif memposisikan dirinya sebagai advokat atau wadah perlindungan dan pembelaan bagi masyarakat terhadap berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang merugikan akidah, mengganggu ibadah dan merusak akhlak.

“Kami berharap Penyuluh Agama Islam Fungsional di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi untuk terus menambah wawasan serta ilmu pengetahuan terutama dalam masalah pernikahan karena ini yang sering di tanyakan masyarakat. Selalu tambah ilmu dengan mendatangkan narasumber yang profesional  serta perbanyak diskusi dan berbagi ilmu dalam setiap pertemuan rutin sehingga kita bisa tahu sedikit dari yang banyak dan tahu banyak dengan hal yang sedikit artinya kita harus tahu dengan apa yang di butuhkan masyarakat,” harapnya

Pada Kesempatan tersebut H. Kasmir juga menyampaikan arahan terkait amanah dan tanggung jawab Penyuluh Agama Islam di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dalam menyosialisakan Gerakan 5 M sesuai Intruksi Menteri Agama RI kepada masyarakat khususnya di Lokus Masing-masing dan  kesiapan Penyuluh dalam menyukseskan Program BKKBN (Peduli Gizi Anak) dalam rangka melahirkan Generasi Kuat, Sehat dan Cerdas di setiap Kecamatan.

Kasi Bimas Islam, H. Zulfakhri turut mengapresiasi kegiatan Penyuluh Agama Islam di linkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi serta menyampaikan beberapa arahan terkait tugas dan fungsi Penyuluh kedepan. “Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan Penyuluh Agama Islam di ingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Insya Allah kita akan gelar Kegiatan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan pada 22 Februari mendatang,” tuturnya.(sy/014)

Posting Komentar

0 Komentar