Gubernur Resmikan Perbaikan Jalan Lareh Sago Halaban-Payakumbuh


IMPIANNEWS.COM
 

Limapuluh Kota --- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Kota Payakumbuh dengan Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (16/1).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPR-RI Nevi Zuairina, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Irsyad Safar, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Kapolsek Luhak Iptu Doni Prama Dona, Camat Lareh Sago Halaban Efli Zein, perwakilan PT.Hutama Karya, serta sejumlah tokoh masyarakat Lareh Sago Halaban diantaranya Nur Dt Rajo Mangkuto, Rudi Arnel, Robby Muchsis, Delon, Rismayona, serta Ketua Pemuda Pancasila Kecamatan Kasri Ady Kacer. 

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan salah satu penyebab jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban ini rusak adalah bebasnya truk yang melebihi tonase lewat di jalan tersebut. 

"Tahun 2020 sebetulnya jalan ini sudah dianggarkan. Namun karena semua anggaran dan atas kebijakan nasional dipotong untuk penanganan Covid-19. Alhamdulillah di tahun 2021 ini kita dapat merealisasikan perbaikan jalan utama ini," papar Irwan.

Politikus PKS itu berharap kedepannya setelah jalan ini diperbaiki, truk yang lalu lalang harus diatur dan diperhatikan agar muatannya tidak melebihi. Karena jika nanti setelah jalan yang diperbaiki ini masih dilewati oleh kendaraan yang melebihi tonase, maka tidak akan terpelihara dengan baik, bahkan dampaknya adalah bisa rusak kembali.

Menurutnya, dengan adanya perbaikan jalan ini, secara otomatis perekonomian masyarakat semakin lancar dan akses jalan juga lebih mempercepat waktu. Agar tahan lama, pengawasan dari masyarakat setempat sangat diperlukan demi terjaganya insfrastruktur yang ada. 

"Mari bersama-sama kita memelihara jalan ini dengan cara memantau kendaraan yang melebihi tonase agar dilarang melewati jalan. Karena yang akan teraniaya nantinya tentu masyarakat juga," pungkas Irwan. 

Senada dengan Gubernur, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang pernah turun ke Halaban saat melakukan kunjungan sebagai bakal calon gubernur dulu mengatakan Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota tidak bisa dipisahkan. Segala sesuatunya antara dua daerah memiliki hubungan timbal balik. Riza bersyukur jalan ini dapat diperbaiki di awal tahun 2021.

Bahkan, kata Riza, salah satunya adalah dengan perbaikan jalan ini. Dengan diperbaikinya jalan utama ini, otomatis memperlancar transportasi dari Halaban menuju ke Kota Payakumbuh dan dampak baiknya adalah perekonomian masyarakat semakin membaik. 

"Alhamdulillah, dengan lancarnya transportasi, dampak baiknya adalah perekonomian masyarakat Halaban dan juga Payakumbuh menjadi lebih baik untuk kedepannya, bisa mempersingkat waktu tempuh angkutan. Untuk itu marilah secara bersama-sama memelihara infrastruktur yang ada demi kebahagiaan dan kelangsungan ekonomi masyarakat," kata Riza. (014)

Posting Komentar

0 Komentar