SOLSEL RAIH PENGHARGAAN TERBAIK PERTAMA KINERJA PENGELOLAAN DANA DESA DI SUMBAR


IMPIANNEWS.COM 

Solok Selatan, --- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah terbaik pertama dalam kinerja Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat, Selasa (22/12/2020), lalu. 

Solok Selatan mendapat nilai tertinggi dari 14 kabupaten/kota lain di Sumatera Barat yang mengelola Dana Desa pada Tahun 2020 ini.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Propinsi Sumbar, yang diwakili Kabid Pelaksaan Anggaran II Abdul Luthfi. Penghargaan diterima oleh Sekretaris Daerah Kab. Solok Selatan Fidel Efendi didampingi OPD terkait.

“Indikator penilaiannya antara lain mencakup persentase penyaluran dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), penyerapan Dana Desa (DD) dari Rekening Kas Desa (RKD), kecepatan dan ketepatan penyaluran sesuai batas ketentuan. Juga persentase penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dan penyaluran dana desa hingga 9 bulan, April - Desember,” jelas Luthfi

Luthfi mengatakan bahwa penilaian Ditjen Perbendaharaan fokus pada Penyaluran Dana Desa dan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Dan dalam penilaian tersebut, secara keseluruhan, Solok Selatan dinilai sebagai kabupaten tercepat dan terbaik.

Menurut Luthfi, penyaluran di Solok Selatan sudah dianggap tepat waktu, sesuai dengan tahapan, serta adanya transparansi.

"Intinya, penyaluran Dana Desa di Solok Selatan sudah disalurkan secara baik sesuai dengan aturan yang ada dan sudah tercapai hingga 9 bulan," terangnya.

Penjabat Sekretaris Daerah Kab. Solok Selatan Fidel Efendi mengatakan bahwa penghargaan tersebut hakikatnya adalah buah dari kerja keras dari berbagai unsur terkait, baik pemerintahan nagari, Dinas Sosial dan PMD, BPKD, serta OPD terkait lainnya.

Ia juga mengharapkan agar penghargaan tersebut dapat memotivasi semua unsur untuk lebih baik lagi di tahun mendatang, sehingga predikat terbaik dalam pengelolaan dana desa dapat dipertahankan dan ditingkatkan.(014)

Posting Komentar

0 Komentar