Balita Hafal Quran 1 Juz dalam Waktu 4 Bulan


IMPIANNEWS.COM 

PAYAKUMBUH, --- Apa pendapat kita jika anak yang masih balita sudah hafal Al-Quran? Tentu menakjubkan, bukan? Apalagi para balita ini menghafal Kitabullah dalam waktu yang relatif sangat singkat.

Inilah yang dibuktikan oleh Sekolah Komunitas TAUD Semut-Semut Payakumbuh. Dalam acara haflah Laporan Akhir Semester, Senin (14/12/2020) lalu, sekolah ini berhasil membuktikan hasil pendidikannya. 

"Belajar dimulai di awal Agustus 2020. Masuk awal bulan Desember 2020, ananda kita sudah ujian juz 30. Berarti hanya dalam kurun waktu 4 bulan saja, ananda sudah berhasil menghafal 1 juz," papar Kepala Sekolah TAUD Semut-Semut, Ustadzah Aulia Tivani, SKM dalam keterangannya kepada wartawan.

Kendati hanya dalam waktu empat bulan saja, Ustadzah yang akrab disapa Vani tersebut mengklaim hafalan anak-anak mereka sudah mutqin (kuat) dan bisa di uji. "Terbukti dengan bacaan Alquran yang lancar dari Abasa s.d Al-Buruj (6 halaman). Demikian juga di sesi sambung ayat. Seluruh wali murid diberikan kesempatan untuk mengetes hafalan anak-anak. Alhamdulillah semua pertanyaan terjawab dengan baik. Tak lupa dengan nama suratnya sekaligus," jelas beliau.

Hingga tibalah sesi pertanyaan tersulit dari pembina Sekolah Komunitas TAUD Semut-Semut, Ustadz H Hannan Putra Lc MA. Pertanyaannya hanya satu kata saja di dalam juz 30, anak-anak diminta untuk meneruskan ayatnya. Namun Alhamdulillah, seluruh soal berhasil dijawab dengan sempurna.

"Demikian juga sesi sambung menyambung ayat. Setiap anak secara bergiliran membaca satu ayat menyambung ayat yang dibaca sebelumnya. Alhamdulillah, dari tiga pertanyaan di Surat An-Naba, An-Nazi'at, dan Abasa, semuanya terjawab dengan baik," papar Ustadzah Vani.

Pertemuan siang itu disambut haru para orang tua. Mereka bangga, balita mereka kini telah hafal satu juz dari Kitabullah. "Semua berurai air mata, penuh bangga. Terima kasih ananda kami. Terima kasih guru-guru kami yang hebat," Tutup Ustadzah Vani.

Para orang tua tentu ingin anak mereka hafal Al-Quran di usia yang masih belia. Mengingat banyak sekali keutamaan ketika anak menjadi penghafal Al-Quran. Diantaranya, anak yang hafal Al-Quran bisa memberi syafaat kepada 10 orang anggota keluarganya yang sudah ditetapkan masuk neraka, memberikan orang tuanya mahkota yang lebih terang dari cahaya matahari, memberikan orang tuanya jubah kemuliaan, dan seterusnya.

Inilah visi besar yang sedang dilaksanakan Sekolah Komunitas TAUD Semut-Semut Payakumbuh. Berangkat dari sebuah keyakinan, bahwa usia 0-5 tahun adalah usia golden age manusia. Di usia emas ini, kurikulum terbaik adalah menghafal Kitabullah sebagaimana pernah diterapkan kepada para pemimpin peradaban zaman dahulu. 

Sekolah TAUD Semut-Semut masih membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) hingga 20 Desember 2020 mendatang.(014)

Posting Komentar

0 Komentar