Xi Jinping Presiden China Surati Erdogan Sampaikan Rasa Duka Cita atas Musibah Gempa Menerjang Turki.

Presiden China Xi Jinping.

IMPIANNEWS.COM (Tiongkok)

Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan dapat pesan khusus dari Presiden China Xi Jinping. China mengirim surat secara khusus kepada Erdogan untuk menyampaikan rasa belasungkawa mereka atas musibah yang baru saja dihadapi Turki.

“China menyatakan rasa duka cita mendalam karena gempa yang dialami Turki,” kata Xi dalam surat khusus itu sebagaimana dilasir dari Xinhua yang dikutip, Sabtu, 7 November 2020.

Xi mengaku syok. Gempa yang menghantam Turki begitu besar menimbulkan efek kerusakan. Ekspresi duka ini ditunjukkan oleh pemerintah dan rakyat China. Mereka begitu bersimpati dengan banyak korban jiwa atas musibah itu.

Dia berkeinginan agar rakyat Turki bisa segera bangkit dan mengatasi bencana. “Kami sangat ingin melihat kembali rakyat Turki bisa membangun rumah mereka seperti awal,” ujarnya.

Gempa yang melanda di wilayah Izmir, dan sebuah pulau di Yunani pada 30 Oktober 2020 lalu, menjadi gempa yang paling mematikan dalam 10 tahun belakangan.

Tercatat lebih dari 100 orang meninggal dan 1.035 korban luka-luka dalam bencana itu. Sebelumnya, gempa terdahsyat juga pernah menerjang Turki. Terjadi pada 1999 lalu. Korban tewas mencapai 18 ribu orang. (bpc2)


Post a Comment

0 Comments