PAYAKUMBUH SUMBANGKAN EMAS PERDANA BAGI KAFILAH SUMBAR


IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Emas perdana bagi Kafilah Sumatera Barat dipersembahkan dari nomor Fahmil Qur'an. Trio Muhammad Harun Al Rasyid, Muhammad Dhonal Lathif dan Muhammad Hafizul Fikri, meraih nilai tertinggi dalam lomba Fahmil Qur'an MTQ Nasional ke-28, di Padang, Kamis (19/11).

Prestasi terbaik yang diukir trio Muhammad itu, juga membuat kagum Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi. Walikota mengaku bangga, dua dari tim Fahmil Qur'an, Muhammad Harun Al Rasyid dan Muhammad Dhonal Lathif, adalah putera Payakumbuh yang kini tercatat sebagai siswa SMA ICBS Boarding School di kota randang.

"Mendengar tim Fahmil Qur'an tampil sebagai pemenang di depan Gubernur Irwan Prayitno, spontan Saya juga ikut terharu. Allahuakbar, anak-anak Payakumbuh sudah memberikan yang terbaik buat Sumatera Barat. Emas perdana lagi," ucap walikota bangga di Balaikota, Jumat (20/11).

Selain memberikan apresiasi kepada tim Fahmil Qur'an, walikota juga menyampaikan ucapan terimaksih kepada pembimbing dan guru kedua qori Payakumbuh itu. "Terimakasih ustat Verdi (guru ICBS) dan Kabag Kesra Setdako Ulfakhri," tambah walikota. 

Menurut walikota, prestasi yang diukir putera-puteri Payakumbuh dalam MTQ Nasional, tidak lepas dari visi dan misi daerah dalam bidang pendidikan di kota ini. Sejak jauh hari, pemko bersama sekolah, bersinergi, agar para pelajar mampu menghafal Alqur'an, mulai dari 5 juz, 10 juz hingga 30 juz.

Setiap tahun, pemko menggelar lomba hafalan Alqur'an tingkat pelajar. Dan bagi yang hafal Alqur'an itu, sebut Riza Falepi, disediakan dana APBD untuk dikirim menjalani ibadah Umrah ke Tanah Suci Mekah. 

"Alhamdulillah, dengan program dimaksud, banyak pelajar di sekolah umum atau sekolah Islam terpadu yang hafal dan memahani kandungan Alqur'an. Prestasi nasional di MTQ ini, bukti nyata pelajar Payakumbuh sudah memetik dari program yang dilakukan selama ini," kata walikota. 

Keterangan Kabag Kesra Ulfakhri, pada MTQ Nasional ke-28 itu, tercatat empat qori dan qoriah Payakumbuh yang ikut dalam Kafilah Sumatera Barat. Dua nama lainnya, Diang Kumala yang turun dalam nomor tim Fahmil Qur'an puteri. Kemudian, Kuntum Khaira Ummah, turun dalam nomor Syahril Qur'an puteri.(014)

Posting Komentar

0 Komentar