Menag Lantik Dewan Hakim. Kontingen Papua Sudah di Lokasi MTQ Nasional di Sumbar


IMPIANNEWS.COM 

Padang, --- Sekira pukul 13.00 siang Sabtu (14/11/2020) Menteri Agama RI, Fachrul Razi bersama istri Ani Sulistiowati dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau dan disambut langsung Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri bersama panitia pelaksana Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII tahun 2020 di Sumbar.

Usai penyambutan rombongan Menteri Agama secara Protokol kesehatan yang ketat, rombongan resmi ini langsung menuju Gubernuran.

Sekira pukul 13.30, Menteri Agama melantik 168 dewan hakim Sabtu di Aula Kantor Gubernur Sumatra Barat. Pelantikan dewan pengawas, dewan hakim dan panitera ini dihadiri Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Kakanwil Kemenag Sumbar, Hendri dan seluruh dewan pengawas, dewan hakim dan panitera yang berjumlah 168 orang.

Pelantikan ini dilaksanakan sebelum pembukaan MTQ Nasional nanti malam di Stadion Main Sikabu, Padang Pariaman. Helat dua tahunan ini akan dibuka Presiden RI, Joko Widodo secara virtual.

Dalam sambutannya, Menag Fahrul Razi mengatakan bahwa pembukaan MTQ Nasional di Stadion Main Sikabu, Padang Pariaman, nanti malam akan dilakukan Presiden Joko Widodo secara virtual.

"dewan hakim bukan unsur pelengkap dalam setiap penyelenggaraan MTQ, tapi Dewan hakim unsur penentu dalam MTQ. Dewan hakim harus memperhatikan proses sehingga terwujud kualitas dan obyektivitas penilaian dewan hakim. Saya berharap dewan hakim pada MTQ Nasional yang pada hari ini dilantik dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan penuh komitmen dan amanah. Saudara-saudara wajib mentaati kode etik perhakiman dan menguasai pedoman perhakiman,” pesannya. 


Sebelumnya, sekira pukul 11.00 WIB, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri diwakili Drs.H. Gusman Piliang,MM Kakankemenag Kota Padangpanjang didampingi Ketua DWP, Srinanda beserta H.Syaiful Arifin Kasi Bimas dan rombongan, sambut kedatangan Kepala Kanwil Kemenag Papua, Pdt. Amsal Yowei, SE,M.Pd.K dan rombongan di Bandara Internasional Minangkabau.

Pembukaan MTQ Nasional ke-28 akan dibuka secara virtual oleh Presiden Joko Widodo.

Upacara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-28 tahun 2020 akan dilaksanakan di Main Stadion Sikabu, di Kabupaten Padang Pariaman pada Sabtu (14/11/20) jam 19.30 WIB

Dirilis dari situs resmi Pemprov Sumbar, semua rangkaian kegiatan pembukaan telah disimulasikan dalam geladi pada Jumat (13/11/2020) malam. Mulai dari parade kafilah, pembacaan ayat suci Alqur’an hingga ditutup dengan penampilan seni budaya khas Minangkabau.

Berikut 12 venue MTQ Nasional ke-28 di Sumbar:

1. Masjid Raya Sumbar: Cabang tilawah dewasa dan qira’at saba’ah mujawwad.

2. Gedung Rohana Kudus: Cabang tartil Alquran dan tilawah cacat netra.

3. Masjid El Hakim di Pantai Muaro Padang: Cabang tilawah anak-anak dan cabang tilawah remaja.

4. Masjid Nurul Iman Padang: Cabang qira’at saba’ah murattal remaja dan qira’at saba’ah murattal dewasa.

5. Gelanggang Olahraga Universitas Negeri Padang: Cabang kaligrafi kategori naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer.

6. Hospitality Center Universitas Negeri Padang: Tafsir Bahasa Indonesia dan tafsir Bahasa Inggris.

7. Auditorium Universitas Negeri Padang: Cabang Fahmil Alquran.

8. Auditorium Universitas Baiturrahmah: Cabang hifzil 1 juz tilawah dan cabang hifzil 10 juz.

9. Masjid Darul Hujjaj di UPT Asrama Haji: Cabang hifzil Alquran 5 juz tilawah dan hifzil Alquran 20 juz.

10. Aula Mansur Datuak Basa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang: Cabang hifzil Alquran 30 juz dan tafsir Bahasa Arab.

11. Gedung Serba Guna UIN IB: Cabang syahril Alquran.

12. Aula PKM Universitas Andalas: Cabang karya tulis ilmiah Alquran.

(relis)

Posting Komentar

0 Komentar