MAN 1 Bukittnggi Kedatangan Tamu MAN 1 Madina


IMPIANNEWS.COM 

Bukittinggi, --- MAN 1 Kota Bukittinggi menerima kunjungan dari MAN 1 Mandailing Natal Sumatera Utara Sabtu (31/10). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka Study Banding MAN Vokasi (MA Plus Keterampilan).

Rombongan MAN 1 Mandailing Natal ini berjumlah 35 orang yang langsung dipimpin oleh Kepala MAN 1 Mandailing Natal, Ibu Salbiah, S.Ag. MM. Ikut serta dengan rombongan, Wakil Kepala  Madrasah, Kepala Tata Usaha dan guru keterampilan MAN 1 Mandailing Natal.

Rombongan tiba di MAN 1 Kota Bukittinggi pukul 08.30 wib dan disambut hangat oleh Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Drs. Irsyad, M.Pd. di ruang Kepala Madrasah. Setelah bercengkrama sesaat, rombongan tersebut dibawa menuju Aula Vokasional yang berada dilantai dua gedung Vokasional MAN 1 Kota Bukittinggi untuk mengikuti seremonial penyambutan rombongan.Turut menyambut rombongan tamu adalah Kepala Tata Usaha MAN 1 Kota Bukittinggi, Bapak Maizefri, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Bidang Humas, Wakil Kepala Bidang Sarana, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, guru keterampilan, serta guru dan pegawai MAN 1 Kota Bukittinggi. Acara seremonial Study Banding ini dimeriahkan oleh penampilan group Syiar Anak Negeri MAN 1 Kota Bukittinggi, "Misykah Voice" dengan menampilkan Nasyid serta satu konten Syiar Anak Negeri yang berjudul "sikap menghadapi ujian" yang memukau.

Dalam ucapan selamat datang dan Ekspos Madrasah, Drs. Irsyad, M.Pd. menyampaikan ucapan trimakasih kepada Kepala MAN 1 Mandailing Natal, beserta rombongan, yang sudah memilih MAN 1 Kota Bukittinggi sebagai lokasi tujuan Study Banding. "Supaya Madrasah Keterampilan bisa terwujud dengan baik, harus mengikuti rencana program yang telah disusun sedemikian rupa, jangan sampai keluar dari rencana program tersebut". "Untuk mencapai keberhasilan menuju Madrasah Vokasi Kepala Madrasah harus berani keluar dari zona aman", sambung Irsyad.

Usai memberikan ucapan selamat datang dan ekspos Madrasah, Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi mengajak rombongan tamu mengunjungi ruangan - ruangan keterampilan dan langsung melihat kegiatan pembelajaran siswa keterampilan MAN 1 Kota Bukittinggi.

Kegiatan keterampilan yang pertama dikunjungi adalah ruang keterampilan Teknik Las yang berada dilantai satu gedung Vokasi. Disini rombongan tamu bisa melihat hasil karya siswa keterampilan Teknik Las yang terdiri dari kursi, rak bunga, meja belajar, dan rak sepatu. Rombongan tamu sangat antusias bertanya kepada Guru keterampilan Teknik Las, Bapak Jonnedi, S.Pd. 

Kegiatan keterampilan yang selanjutnya dikunjungi adalah ruang keterampilab multimedia yang bergabung dengan ruang komputer. Rombongan tamu dapat bertanya tentang proses pembuatan spanduk, gantungan kunci, kalender, gelas cantik serta bisa melihat langsung kerapian hasil karya siswa MAN 1 Kota Bukittinggi dibidang Multimedia yang dibimbing oleh Bapak Indra Malay, S.Pd. dan Bapak Hendri Effendi S.Pd.

Kegiatan Study Banding terus berlanjut ke ruang APHP atau Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Disini rombongan melihat beberapa orang siswa APHP sedang mempraktikan cara membuat kue yang diolah dari hasil pertanian. Reni Arneti, S.Tp. selaku guru APHP memberikan banyak penjelasan terkait pelaksanaan kegiatan serta pengelolaan pada keterampilan  APHP. Pada ruangan ini rombongan tamu bisa langsung mencoba menghias kue serta sampai mencicipi kue hasil keterampilan APHP.

Kunjungan selanjutnya adalah ke Ruangan Elektronika. Rombongan dari MAN 1 Mandailing Natal juga melihat kegiatan siswa yang sedang merakit Instalasi Listrik. Dibawah bimbingan Bapak H. Agung Imam Efendi selaku guru elektronika, rombongan mendapatkan penjelasan tentang program, pengelolaan dan  Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada pada keterampilan Elektro.

Berlanjut ke ruangan keterampilan SSM atau Servis Sepeda Motor. Bapak Yazwir, S.Pd. selaku guru SSM  memberikan pemaparan sehubungan dengan kegiatan para siswa dan pengelolaan SSM MAN 1 Kota Bukittinggi.

Kunjungan selanjutnya adalah ke ruang Robotik. Di ruang robotik rombongan mendengarkan paparan dari Bapak Zulkhairi, M.Pd, pelatih Ekstrakurikuler robotik. Dan rombongan melihat langsung siswa ekstrakuler Robotik yang sedang merakit robot yang kebetulan sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti MRC ( Madrasah Robotic Copmpetision ) secara nasional.

Terakhir rombongan study banding mengunjungi  ruang keterampilan Tata Busana.Di ruangan yang satu ini para tamu dari MAN 1 Mandailing Natal terlihat sangat menikmati koleksi-koleksi busana hasil karya siswa MAN 1 Kota Bukittinggi yang terpajang di etalase. Lili Yuniza, S.Pd. dan Irmi Likna Sari, M.Pd. guru Tata Busana memberikan banyak informasi terkait dengan kegiatan siswa dan model-model rancangan siswa serta hasil rancangan siswa yang sudah meraih penghargaan diberbagai event kejuaraan busana. 

Walau awalnya rombongan hanya  berencana mengunjungi  ruang keterampilan, tapi mereka juga tidak melewatkan untuk mengunjungi Pustaka MAN 1 Kota Bukittinggi, dan disambut oleh Kepala Pustaka Ibu Erlin Fitria dengan ramah. Ruang bimbingan konseling, kantin serta asrama putra dan asrama putri menjadi daya tarik tersendiri untuk mereka kunjungi.

Setelah puas berkeliling melihat suasana MAN 1 Kota Bukittinggi, akhirnya rombongan MAN 1 Mandailing Natal kembali masuk ke ruang Kepala Madrasah untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut tentang pengelolaan Madrasah Vokasional dari Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi.

Sebagai salah satu kenang-kenangan dari OSIM MAN 1 Kota Bukittinggi, Ketua OSIM MAN 1 Kota Bukittinggi, Farhan Arianda, menyerahkan buku karyanya yang berjudul "Sang Komandan Siswa". Melalui buku ini Farhan ingin berbagi Ilmu kepada ketua OSIM MAN 1 Mandailing Natal.

Sebelum masuk waktu sholat zhuhur rombongan MAN 1 Mandailing Natal mohon pamit dilepas oleh Bapak Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi beserta wakil jepala serta kepala tata usaha dengan harapan, semoga suatu saat nanti bisa bersua lagi. (Sy/014)

Posting Komentar

0 Komentar