HUT Kota Payakumbuh Bakal Diramaikan Ide Kreatif Desainer Ternama


IMPIANNEWS.COM
 

Bakal Ada Ngobrol Tentang Bakain, Anak Muda Payakumbuh Bakal Beri Kejutan Buat HUT Kota Ke 50

Payakumbuh, --- Pada Kamis (26/11) malam, anak-anak muda Payakumbuh Youth Arte Committee (PYAC) berencana kembali menggelar obrolan-obrolan seru di cafe-cafe. Kali ini, Koteji Ramen X Warunk Jonni dipilih menjadi lokasi untuk menggelar diskusi tersebut. Barangkali, Koteji Ramen X Warunk Jonni yang terletak di jalan jalan Soekarno Hatta Padang Tinggi Piliang itu dianggap sebagai tempat yang cukup nyaman untuk menggelar obrolan-obrolan yang progresif.

Tak tanggung-tanggung pula, dalam obrolan yang akan digelar tersebut, mereka akan mengajak disainer muda ternama kota Payakumbuh, Feymil Chang. Serta juga ada Yudha Pratama, direktur PYAC, seorang anak muda yang sedang naik daun dalam bidang ekonomi kreatif. Mereka nanti akan membicarakan sebuah rencana kegiatan yang akan mereka hadiahi untuk ulang tahun kota mereka (Payakumbuh) yang ke 50 nanti. 

Bakain dan Kado 50 tahun Kota, begitu tema yang akan mereka bahas. Bakain merupakan sebuah gagasan yang sudah lama, yang cukup bernas dari Feymil Chang. Dimana, Feymil membayangkan anak-anak muda kota Payakumbuh kembali mengenal kain,  sebagaimana orang-orang Minang dahulu sebelum mengenal celana, atau rok. Barangkali menjadi menarik pula jika anak-anak muda kembali mengenakkan kain sebagai pengganti jeans, dan aneka ragam jenis celana mereka.

Jika ini terlaksana, tentu aktivitas ini akan mendorong pula produksi-produksi kain, terutama di kota Payakumbuh. Katakanlah itu, batik, songket, tenun, ataupun juga sarung. 

Sedangkan Kado 50 tahun kota merupakan satu gagasan lain dari anak-anak muda untuk kota mereka.

“Ya, kami sedang mempersiapkan sesuatu untuk kota ini,” kata Yudha ketika dihubungi via whatsApp. “Sesuatu yang kami anggap estetis untuk kota ini,” sambungnya.

Di tempat terpisah, “Wacana ini perlu kami lempar pada khalayak, agar supaya anak-anak muda pengunjung cafe bisa tertarik menjadi bagian ini. Jika Bakain ini menjadi ide yang menarik bagi anak-anak muda, dan mereka mau menjadi bagiannya, tentu dengan tidak sendirinya mereka telah memberikan kontribusi nyata untuk kota yang mereka banggakan ini,” ujar Andi Porong selaku direktur program di PYAC. (rel/014)

Posting Komentar

0 Komentar