Bukittinggi Jadi Pusat Pembinaan Penyuluh Agama Islam


IMPIANNEWS.COM
 

Bukittinggi, --- Kementerian Agama Kota Bukittinggi menjadi pusat silaturahmi dan pembinaan Penyuluh Agama Islam yang diadakan Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag RI, Senin 16 November 2020 Bertempat di Aula Kantor Kemenag Kota Bukittinggi.

Penyuluh Agama Islam yang menerima pembinaan tersebut berasal dari lima 5 Kemenag Kabupaten/Kota Sumatera Barat. Ke-lima Kemenag Kabupaten/Kota tersebut adalah Kemenag Kota Bukittinggi, Kemenag Kota Payakumbuh, Kemenag Kabupaten 50 Kota, Kemenag Kabupaten Agam dan Kemenag Kabupaten Pasaman.

Pembinaan langsung diberikan oleh Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag RI, H. A. Juraidi yang datang beserta rombongan antara lain Kasubdit Penyuluh Agama Islam Kemenag RI, H. Dasma dan Kasi Penyuluh Agama Islam Kemenag RI, H. Amirullah. Ditjen Penais dan rombongan didampingi oleh Pengurus Penyuluh Agama Islam Kanwil Kemenag Sumbar, H. Zul Akhyar.

Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi yang diwakili oleh Kasubbag TU, H. Zulfikar didampingi oleh Kasi Bimas Islam, H. Zulfakhri menyambut kehadiran Ditjen Penais Kemenag RI beserta rombongan.

H. A. Juraidi menyampaikan bahwa Penyuluh Agama Islam harus memiliki kompetensi tekhnikal, manajerial, sosial, spiritual dan intelektual serta peka terhadap masalah sosial yang ada di wilayahnya masing-masing. Mengingat para penyuluh adalah salah satu ujung tombak Kementerian Agama, yang selalu di tunggu umat.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag RI H. A.Juraidi  menambahkan kondisi umat ke depan tidak terlepas dari peranan para penyuluh sebagai profesi strategis yang bersentuhan langsung dengan umat.

H. A. Juraidi mengajak agar penyuluh selalu memberikan energi positif kepada umat dan berharap supaya penyuluh lebih proaktif dalam memberikan pembinaan.

“Mari bangga jadi penyuluh. Selain tugasnya mulia, posisi penyuluh sangat strategis dan menjadi ujung tombak Kementerian Agama. Untuk itu, teruslah berinovasi sembari meningkatkan pengetahuan dan mengikuti perkembangan zaman,” tegasnya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi diwakili oleh Kasubbag TU, H. Zulfikar didampingi Kasi Bimas Islam, H. Zulfakhri dan Ketua Pokjaluh Kemenag Kota Bukittinggi, H. Rusman Edi menyerahkan laporan kegiatan Pokjaluh Kemenag Kota Bukittinggi kepada Ditjen Penais Kemenag RI, H. A. Juraidi yang didampingi oleh Kasi dan Kasubdit Penyuluh Agama Islam Kemenag RI serta pengurus Pokjaluh Kanwil Kemenag Sumbar.

Usai menerima arahan dan pembinaan dari Ditjen Penais tersebut, seluruh penyuluh menerima materi dari Kasi Penyuluh Agama Islam Kemenag RI, H. Amirullah yang dilanjutkan dengan paparan materi oleh Kasubdit Penyuluh Agama Islam Kemenag RI, H. Dasma.(sy/014)

Posting Komentar

0 Komentar