BAKHRIZAL : MESKI KASUS BERTAMBAH, KESEMBUHAN MENCAPAI 75%


IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Kasus positif covid-19 di Kota Payakumbuh, belakangan ini nyaris tiap hari terjadi. Sebaliknya, persentase kesembuhan pasien positif mencapai 75%. Berbanding 1,4% dari angka kematian.

Sepanjang Kamis (19/11), tercatat empat kasus positif covid-19 di Payakumbuh. Total positif menjadi 486 orang. Sedangkan, sembuh atau bebas isolasi satu orang, atas nama Gustriyani Yazid, 56 thn, Kelurahan Padang Tangah Balai nan Duo, Payakumbuh Barat.

Data yang diterima Kabid Kesehatan Masyarakat, Fatma Nely, di Payakumbuh, Kamis (19/11), empat warga yang terkonfirmasi positif covid-19 itu, masing-masing perempuan YS, 39 thn, tenaga kesehatan RSUD Adnaan WD, warga Tiakar, perempuan DM, 40 thn, ASN BKPSDM, Koto Tangah, perempuan ER, 42 thn, tenaga kesehatan RSUD Adnaan WD, Tiakar, dan perempuan SU, 30 thn, tenaga kesehatan RSUD Suliki, warga Tigo Koto Diate. 

Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Bakhrizal di tempat terpisah mengatakan, penambahan kasus positif Covid-19 terbanyak dalam satu hari di kota ini, tercatat 34 orang. Meskipun empat diantaranya bukan warga Kota Payakumbuh.

Sekarang ini, sebutnya, rata-rata pasien positif Covid-19 di Payakumbuh sudah di bawah sepuluh sehari. Sebelumnya sempat dalam satu hari di satu pekan lebih jumlah penambahan di atas 10 orang.

Kluster kasus positif tersebut sudah beragam, mulai dari kluster ASN, perkantoran hingga kluster masyarakat yang penyebarannya didominasi karena kontak langsung dengan pasien positif covid-19.

Dikatakan, saat ini tingkat kesadaran masyarakat memeriksakan diri setelah kontak dengan pasien positif sudah tinggi. Sehingga memudahkan petugas kesehatan dalam melacak kontak. 

Hingga saat ini, Kota Payakumbuh berada di zona oranye setelah sebelumnya sempat turun kembali ke zona kuning. Naiknya status zona tersebut disebabkan ada pasien Covid-19 yang meninggal. Hingga kini sudah tujuh orang yang meninggal dunia, akibat covid-19, sebut Bakhrizal.

Bakhrizal juga mengatakan Pemko tidak bosan terus mengajak seluruh masyarakat untuk taat menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak atau menghindari kerumunan, sering mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir.

"Dengan disiplin mempraktikkan protokol kesehatan, dapat berupaya untuk melindungi masyarakat secara keseluruhan, Insy Allah kita segera kembali ke zona kuning," simpul Bakhrizal. 

Data covid-19 di Kota Payakumbuh, per Kamis (19/11), adalah suspek 0, kasus konfirmasi 486 orang, sembuh 385 orang, isolasi 81 orang, dirawat 4 orang, meninggal dunia 7 orang, kontak erat 22 orang dan discarded 9.329.(rel/014)

Posting Komentar

0 Komentar