2 Siswa SMPN 1 Payakumbuh Berlaga di KOSN Cabang Karate


IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Apresiasi tinggi disampaikan Kepala SMPN 1 Payakumbuh, Defi Marlitra saat mendapatkan kabar bahwa ada 2 orang siswanya yang lolos dan mewakili di ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tahun 2020 Tingkat Sumbar.

"Alhamdulillah, meski dunia pendidikan saat ini sedang diuji pandemi covid19, namun prestasi tetap kita raih. Ini adalah prestasi bersama warga Kota Payakumbuh  khususnya di jajaran Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dibawah pimpinan Bapak H. Agustion,"sebut Defi Marlitra pada Rabu (04/11/2020) saat diwawancarai di ruang kerjanya, jelang mengikuti MKKS di MTsS SIH. 

"Kedua siswa kita tersebut bakal mewakili Payakumbuh di cabang karate KOSN tingkat provinsi Sumbar tahun 2020 adalah Muhammad Azmi (karate putra) dan Zahratus Syifa (karate Putri). Mohon doanya, semoga anak kita bisa mengharumkan nama daerah di kancah KOSN,"imbuhnya. 

"Selain itu, nikmat besar bagi kita di masa pandemi covid19, bangunan sekolah kita kembali disidangkan sebagai cagar budaya,"imbunya lagi. 

Diterangkan Defi Marlitra sesuai portal KOSN. 

Bahwa, pembinaan dan pengembangan olahraga di sekolah dasar yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan.

Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa. Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang dilaksanakan adalah penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (KOSN-SMA/SMK) yang dilaksanakan setiap tahun.

"Berbeda dari tahun–tahun sebelumnya, ditengah situasi pandemi KOSN tahun 2020 diselenggarakan secara daring. Adapun kompetisi yang dilombakan hanya 2 cabang olahraga yaitu karate dan pencak silat,"pungkasnya. (014)

Posting Komentar

0 Komentar