Tabuh MTQ Pasaman Dimomen Hari Jadi

 Tabuh MTQ Pasaman Dimomen Hari Jadi



IMPIANNEWS.COM (Pasaman).

Istimewa pada tahun ini, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke 48 tingkat Kabupaten Pasaman digelar bertepatan pada momen hari jadinya ke 75. Juga melaunching gedung Islamic Center yang berlokasi di area Masjid Agung Al Muttaqin Lubuk Sikaping.

Secara resmi Bupati Pasaman Yusuf Lubis membuka ditandai penabuhan bedug yang dilakukan oleh Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama disaksikan juga oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kaupaten Pasaman Dedi Wandra beserta sejumlah pejabat Forkopinda  Dan dilanjutkan dengan penandatangan peresmian gedung Islamic Center Kamis (8/10).

Dalam sambutannya, Dedi Wandra menyampaikan bahwa MTQ yang berlangsung di Kecamatan Lubuk Sikaping tahun ini tidak hanya bersamaan dengan ulang tahun kabupaten namun juga sebagai even penghujung tahun jabatan Bupati dan Wakil Bupati.

Dirinya menyatakan bangga dengan kepemimpinan yang telah dilaksanakan selama periodenya, khususnya dengan tetap dilangsungkannya MTQ di tengah pendemi Covid-19 tetapi tetap dengan mengingatkan selalu mengikuti protokol kesehatan.

MTQ dinilainya tidak hanya mencari jawara namun yang terpenting adalah menanamkan kecintaan al quran terhadap generasi muda, berakhlak al quran begitu pula dengan masyarakat Pasaman yang cinta dan menjalankan nilai-nilai al quran di tengah kehidupannya.

“Dengan hal tersebut akan terwujudnya daerah yang madani, baldatun thayyibatun warabbun ghafur”,harapnya dari helatan ini.

Di hari itu juga, Kakan menitip pesan kepada dua belas kafilah yang mengikuti musabaqah tahun ini untuk memasang niat tidak hanya target prestasi juara, juga berniat untuk ibadah kepada Allah SWT.

Lalu, terhadap dewan hakim yang memberikan penilaian dan telah pula disumpah untuk berlaku jujur dan adil sesuai dengan kaidah penilaian di masing-masing cabang lomba.

“Selamat kepada kafilah dan apresiasi kepada panitia pelaksana khusunya tuan rumah yang dikomandoi Camat dan Kepala KUA Kecamatan Lubuk Sikaping”,ucapnya.

Sebelum membuka resmi, Yusuf Lubis berpesan agar MTQ ini benar-benar menjadi kegiatan yang bisa melahirkan generasi dan masyarakat yang qurani sesuai visi daerah yakni terwujudnya masyarakat pasaman yang sejahtera, agamis dan berbudaya.

Berakhirnya masa jabatan, dirinya menyimpan asa agar visi yang diterapkannya selama ini dapat tetap dijalankan dan teraktualisasi.

Kepala Seksi Bimas Islam Hasyyunil didampingi Kabag Kesra menginformasikan MTQ Pasaman ini diikuti sebanya 1200 peserta dengan memusabaqahkan sejumlah cabang diantaranya khatil quran, tilawah, tartil, tahfidz, fahmil, syarhil, kitab standar, makalah quran dan kgutbah jumat.

“Beberapa masjid dan lembaga pendidikan kita gunakan untuk tempat musabaqah”,tuang Hasyyunil.(suf78)


Posting Komentar

0 Komentar