Ratusan Pedemo Kocar-kacir Lari Diserbu Pendukung Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Ratusan Pedemo Kocar-kacir Lari  Diserbu Pendukung Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo



Pedemo penolak Gatot Nurmanyo kabur saat didatangi ormas pendukung Gatot (Sumber: Wartakotalive.com)

IMPIANNEWS.COM (Jakarta).

Sekitar ratusan orang yang melakukan demonstrasi menolak kedatangan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo lari kocar-kacir saat diserbu sekelompok organisasi masyarakat atau ormas.

Dilansir dari Wartakotalive.com, insiden tersebut terjadi di depan Taman Makam Pahlawan Nasional Umum Kalibata, Jakarta Selatan, pada Rabu (30/9/2020).

Awalnya, para demonstran berorasi sebelum Gatot Nurmantyo datang. Orasi mereka masih dibiarkan oleh para pendukung Gatot selama berjam-jam sebelum akhirnya mereka pergi.

Namun, ternyata aksi mereka belum selesai. Para pedemo tersebut kembali ke depan kawasan TMP Kalibata. Mereka berorasi lagi tak lama setelah Gatot Nurmantyo meninggalkan lokasi.

Sejumlah ormas yang berkumpul di sana, seperti Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan (FKPPI), Pengacara dan Jawara Bela Umat, Bang Japar dan sejumlah organisasi lainnya tersinggung dengan isi orasi kelompok yang mengatasnamakan aliansi mahasiswa tersebut.

Mereka pun kemudian mendekat ke arah kerumunan demo. Orator yang sebelumnya menggebu-gebu menyindir Gatot dan pendukungnya mendadak diam. Muka mereka pun mulai panik.

Sementara, aparat TNI dan Polri masih berupaya mencegah puluhan anggota FKPPI, dan ormas lain saat hendak menyerang pedemo.

Beberapa mobil pedemo sempat putar arah. Mereka bermaksud meninggalkan lokasi ke arah Cililitan.

Namun, dua mobil pedemo terlanjur terjebak masaa. Massa pun mencoba menyerang puluhan pedemo yang ada di dalam mikrolet tersebut.

Wajah-wajah pedemo yang masih berusia remaja itu panik. Sementara anggota TNI dan polisi terus mencoba menghalau massa yang sudah geram.

Saat massa dicegah TNI, remaja yang ada di dalam mikrolet kabur tunggang langgang ke arah Cililitan. Sementara, mikrolet yang mereka gunakan mengalami sejumlah kerusakan.

Seperti diketahui, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo bersama puluhan purnawirawan TNI mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Rabu.

Mereka melakukan tabur bunga untuk mengenang aksi pemberontakan Gerakan 30 Sepember PKI (G30S/PKI).

Kedatangan Gatot ke TMP Kalibata tersebut rupanya diwarnai aksi demonstrasi sejumlah orang.

Sekitar 20 menit Gatot Nurmantyo bersama para purnawirawan TNI itu nyekar ke makam pahlawan Kalibata. Mereka menyebut momen ini sebagai aksi mengenang pemberontakan Gerakan 30 Sepember PKI. ***


Posting Komentar

0 Komentar