Perang Semakin Meluas, Roket Azerbaijan Salah Sasaran Hantam Wilayah Iran

 Perang Semakin Meluas, Roket Azerbaijan Salah Sasaran Hantam Wilayah Iran



IMPIANNEWS.COM (Iran).

Perang Armenia-Azerbaijan yang semakin meluas, mengancam keamanan Iran yang berbatasan langsung dengan Armenia. Kabar terbaru, sejumlah peluru artileri dan roket militer Azerbaijan jatuh dan meledak di wilayah Iran. Akibatnya, Iran pun langsung merespons keras dan meminta pertanggung jawaban Azerbaijan.

Dalam laporan yang dikutip impiannewscom lewat VIVA Militer dari Mehr News Agency, Wakil Kepala Pasukan Penegak Hukum Republik Islam Iran (NAJA), Brigadir Jenderal Ghasem Rezaei, membenarkan kabar jatuhnya roket militer Azerbaijan di wilayah perbatasan Iran.

Diungkap Rezaei, pasukan penjaga perbatasan Iran langsung memberikan peringatan kepada Azerbaijan usai insiden tersebut. Rezaei juga mengatakan, pihak militer Azerbaijan sudah memenuhi panggilan pasukan penjaga perbatasan Iran, mengakui kesalahan, dan meminta maaf secara resmi.

"Sejumlah peluru artileri dan roketnya secara tidak sengaja menghantam wilayah Iran. Sesuai dengan tugas mereka, penjaga perbatasan negara kami secara resmi telah memperingatkan Armenia dan Azerbaijan dan kedua negara telah menerima kesalahan tersebut," ujar Rezaei.

"Kami sudah mengadakan pertemuan dengan pihak Azerbaijan, di daerah perbatasan kami. Kami mengumumkan persyaratan kami dan mereka meminta maaf. Kami berada di wilayah di mana terjadi konflik antara Azerbaijan dan Armenia, dan kami berharap konflik ini segera berakhir dan rakyat kedua negara akan kembali tenang," katanya.

Angkatan Bersenjata Iran (Artesh) sudah menyiagakan sejumlah pasukannya di perbatasan, untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Iran khawatir, Perang Armenia-Azerbaijan meluas.

VIVA Militer melaporkan dalam berita, Selasa, 6 Oktober 2020, Angkatan Bersenjata Iran telah mengirimkan 200 unit tank dan kendaraan tempur lapis baja ke wilayah perbatasan. Langkah ini adalah bukti kekhawatiran Iran bahwa perang Armenia-Azerbaijan bisa merembet ke wilayahnya.

Selain itu, dalam berita VIVA Militer, Kamis 1 Oktober 2020, dilaporkan bahwa ada satu unit pesawat tempur Angkatan Bersenjata Azerbaijan ditembak jatuh di wilayah perbatasan Iran. Seorang sumber yang tak disebutkan namanya, memberikan pernyataan keras kepada Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, agar tidak membuat Iran terlibat dalam konfliknya.***


Posting Komentar

0 Komentar