KOPMA UNP Gelar Kegiatan DIKMENKOP Secara Dering

 KOPMA UNP Gelar Kegiatan DIKMENKOP Secara Dering


IMPIANNEWS.COM (Padang)

Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Padang (KOPMA UNP) menyelenggarakan,  kegiatan “Pendidikan Menengah Koperasi (DIKMENKOP)”. Kegiatan ini diadakan secara daring, menggunakan video conference. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III UNP Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D, didampingi oleh Kasubag Minat bakat Penalaran dan Informasi Kemahasiswaan Jumargus, S.Pd, Pembina KOPMA UNP Efni Cerya, S.Pd.,M.Pd.,E, serta Ketua Ikatan Alumni KOPMA UNP.  Sabtu 10/10/2020.

Kegiatan DIKMENKOP ini mengangkat tema “Developing Productive Entrepreneur in The Era Industrial Revolution 4.0”. Kegiatan ini menampilkan empat orang pemateri yang berpengalaman di bidangnya. Pemateri pertama Okki Trinanda, SE.,MM., CPHRM, dengan materi “ Meningkatkan Daya Saing Koperasi di Perekonomian Indonesia ”. Pemateri kedua Halkadri Fitra, SE.,MM.,Ak.,CA.,AWP, dengan materi “Memberikan Pengetahuan, Memperluas Wawasan Bisnis dan Keterampilan Manajemen Usaha yang Praktis”. Pemateri ketiga Hendri Andi Metra, SE.,MM.,Ak, dengan materi “ Meningkatkan Komunikasi dan Negosiasi Bisnis ”. Dan pemateri keempat Ahmad Hafiz, SE, dengan materi “Memberikan Motivasi, Pemahaman dan Cara-Cara Efektif Pengembangan Minat, Bakat dan Potensi Jiwa Entrepreneur Manusia Indonesia “. 

Kegiatan ini diikuti oleh 32 orang pengurus KOPMA UNP. Dalam sambutannya, Wakil Rektor III UNP Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D. mengatakan dengan adanya kegiatan DIKMENKOP ini pengurus KOPMA UNP dapat menambah wawasan dan menyerap ilmu yang disampaikan serta diharapkan dapat mengaplikasikannya kedalam kepengurusannya, sehingga KOPMA UNP dapat terus berkembang meski dalam masa pandemik ini.  

Adapun pesan yang dapat disimpulkan dari 4 pemateri yaitu pemateri pertama Bapak Okki Trinanda, SE.,MM., CPHRM, mengatakan "Bahwa untuk berwirausaha tidak perlu menunda karena dari sekarang kita sudah bisa berwirausaha dan kehadiran internet atau teknologi merubah semua aspek kehidupan manusia, maka muncul Peluang dan Tantangan. Untuk sukses itu jangan pernah menunda peluang yang ada." Pemateri kedua Bapak Halkadri Fitra, SE.,MM.,Ak.,CA.,AWP juga mengatakan "Dalam manajemen usaha kita perlu menerapkan fungsi manajemen Planning, Organizing, Directing, Coordinating dan  Controlling. 

Disamping itu, untuk memulai usaha kita harus terapkan fungsi manajemen dan cari peluang usaha yang kreatif dan inovasi serta dapat memenuhi kebutuhan konsumen." Pemateri ketiga Bapak Hendri Andi Metra, SE.,MM.,Ak mengatakan bahwa negosiasi dan  komunikasi merupakan soft skill yang dibutuhan di dunia kerja. Komunikasi hampir sama dengan negosiasi hanya saja dengan bernegosiasi kita dapat memperoleh hasil kesepakatan dan negosiasi yang baik dapat memperoleh hasil win win solution, hal yang terpenting dalam komunikasi adalah kita dapat mendengarkan yang tidak terucap" katanya. Dan kesimpulan untuk pemateri ke empat dari Bapak Ahmad Hafiz, SE, mengatakan " jika terlambat memiliki inovasi kita akan tertinggal karena nasib tergantung dari keyakinan kita dan orang akan menjadi apa yang ia pikirkan."  (ay)

Posting Komentar

0 Komentar